Perbedaan Scarlett Whitening dan Brightening

Apa sih perbedaan Scarlett Whitening dan Scarlett Brightening? Apakah sama saja? Buat kalian pengen coba pengen coba produk ini, tapi bingung yang mana sih yang benar apakah whitening atau brightening, di postingan ini saya coba bahas secara singkat.

Istilah whitening maupun brightening kerapkali digunakan dalam nama produk skincare. Kalau secara bahasa, keduanya memiliki arti berbeda. Whitening bisa diartikan memutihkan, sedangkan brightening dapat diartikan menecerahkan. Misal, whitening cream, berarti krim yang memutihkan, atau lebih gampangnya krim pemutih. Sedangkan brightening cream bisa dimaknai krim pencerah.

Skincare whitening dimaksudkan untuk membuat kulit tampak lebih putih, sedangkan skincare brightening dimaksudkan untuk mencerahkan kulit. Sebetulnya ini sekadar penamaan. Karena kalau dari bahan yang digunakan, bisa saja kandungan bahan dalam produk whitening ada di produk brightening, begitu pula sebaliknya. Atau lebih mudahnya begini, kalau brightening, tidak mengubah warna kulit menjadi putih, tetapi membuat kulit tampak cerah, tidak kusam.

Sedangkan pada produk whitening, dimaksudkan untuk membuat kulit tampak lebih putih. Produk seperti ini biasanya bekerja dengan menghambat produksi pigmen melanin di kulit. Melanin ini yang mempengaruhi warna kulit. Jika banyak melanin, kulit tampak gelap, begitu pula sebaliknya. Produksi melanin meningkat jika kulit terkena sinar matahari, sebagai upaya proteksi terhadap paparan sinar matahari. Namun, efeknya kulit jadi tampak gelap. Penggunaan produk pemutih kulit dapat menghambat produksi melanin sehingga kulit tampak lebih putih.

Apa perbedaan Scarlett Whitening dan Scarlett Brightening?
Sebenarnya keduanya sama saja, sama-sama produk Scarlett. Sebagai skincare yang legal, Scarlett harus mengikuti aturan dari BPOM. Berdasarkan regulasi BPOM, produk skincare tidak boleh menggunakan nama whitening. Jadi, supaya tetap pada aturan BPOM, akhirnya Scarlett Whitening diubah menjadi Scarlett Brightening.

Kalau ada produk Scarlett yang masih menggunakan nama Scarlett Whitening, itu berarti produk lama. Sedangkan untuk yang sekarang memakai nama Scarlett Brightening.

Saya tidak tahu alasan kenapa BPOM tidak memperbolehkan kata whitening untuk nama produk skincare. Padahal produk whitening dan brightening itu peruntukkannya berbeda. Sebenarnya ada satu istilah lagi, yaitu lightening.

Meskipun Scarlett Whitening telah diubah menjadi Scarlett Brightening, dalam produknya tetap mengandung bahan yang digunakan dalam produk pemutih kulit.

Saya pernah menemukan ada video yang menganggap kalau Scarlett yang tulisannya Brightening itu yang asli, sedangkan kalau tulisannya Whitening itu berarti tidak asli. Kenyataannya tidak seperti itu. Baik yang tulisannya Whitening maupun Brightening, keduanya sama-sama produk Scarlett asli.

Meskipun namanya bukan Scarlet Whitening lagi, tampaknya hal ini tidak meredupkan penjualan Scarlett, malah justru produk-produknya kian disukai, dan lebih banyak variannya.

Demikian pembahasan tentang perbedaan Scarlett Whitening dan Scarlett Brightening.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *