Review sabun pemutih viral di TikTok warna biru hijau oranye putih

Ada berbagai skincare yang viral di TikTok tahun 2020-2021, entah itu sabun, serum, cream, masker, maupun skincare lainnya. Aplikasi TikTok bukan cuma sekedar aplikasi hiburan saja, tetapi juga banyak yang menggunakannya untuk mempromosikan suatu produk. Jadi, review skincare di Tiktok itu belum tentu murni review, tapi ada yang untuk keperluan promosi, ada pengguna TikTok yang di-endorse brand skincare tertentu.

Skincare yang banyak di bahas di TikTok jadi laris di pasaran. Namun, karena banyak video yang dibuat untuk tujuan promosi, bisa saja isi kontennya berlebihan. Misal, sabun merk A bisa bikin putih dalam 3 hari, lotion merk A bisa bikin putih dalam sekali pakai, dan sebagainya.

Jangan mudah terpengaruh dengan konten semacam itu. Selain itu, yang patut diperhatikan adalah keamanan skincare. Jangan hanya karena produk tersebut viral, kemudian ikut-ikutan pakai. Cek dulu apakah produk tersebut aman atau tidak. Caranya adalah dengan mencari tahu nomor BPOM produk tersebut. Kalau produk skincare tersebut tidak ada izin edar / nomor BPOM, maka sebaiknya dihindari.

Ada sejumlah merk sabun wajah yang viral di Tiktok. Sabun-sabun tersebut biasanya diklaim sebagai sabun pemutih wajah. Ada yang katanya wajah putih cukup pakai sabun doang, ada yang katanya dalam hitungan hari bisa putih dengan pakai sabun tertentu, dan yang lebih heboh lagi ada sabun yang sekali pakai bisa bikin kulit tampak putih. Bayangkan, cuma sekali pakai, bisa bikin kulit putih dalam hitungan menit. Apakah kalian percaya?

Kegunaan utama sabun adalah untuk membersihkan kulit. Namun, banyaknya orang yang ingin punya kulit putih, membuat berbagai produk pemutih kulit laris di pasaran. Sabun yang kegunaan utamanya cuma untuk membersihkan, ditambahkan bahan-bahan yang biasa digunakan dalam cream pemutih kulit, diantaranya adalah glutathione, vitamin C, alpha arbutin, kojic acid, kolagen, dan niacinamide.

Namun, sabun yang diklaim sebagai sabun pemutih kulit tidak efektif kalau tujuan penggunaannya adalah untuk memutihkan kulit. Meskipun mengandung bahan-bahan yang digunakan dalam produk pemutih kulit, penggunaan sabun yang cuma sebentar kemudian dibilas, ini tidak efektif dalam memutihkan kulit. Kalaupun ada testimoni yang menunjukkan hasil kulit putih secara instan setelah memakai suatu sabun, barangkali yang bikin putih itu karena zat-zat dari sabun yang masih tertinggal, dan bisa hilang. Dengan kata lain, efek putihnya cuma sementara.

Ada zat yang sering digunakan dalam pembuatan skincare (termasuk sabun) yang bernama titanium dioksida. Zat ini punya manfaat sebagai tabir surya. Tapi, efek dari penggunaan skincare yang mengandung bahan ini adalah kulit jadi tampak putih. Nah, apabila ada sabun pemutih kulit yang diklaim putih dalam waktu sekejap setelah penggunaan sabun tersebut, cari informasi komposisi produk tersebut. Kalau ada titanium dioksida, berarti efek putihnya karena zat ini, bukan karena warna pigmen kulitnya yang berubah.

Tapi, jika kalian penasaran ingin mencoba sabun yang viral di TikTok tapi barangkali lupa atau tidak tahu nama sabunnya, cuma ingat warnanya, entah itu hijau, oranye, putih, biru, maupun coklat, di sini saya mencoba membahas sejumlah sabun yang viral, barangkali ini yang kalian cari.

Sabun Tzuki
Sabun Tzuki merupakan sabun batang berwarna hijau. Diklaim produk dari Jepang, ternyata produk ini adalah produk buatan Indonesia. Sabun Tzuki diklaim bisa memutihkan wajah. Dengan harga yang relatif mahal untuk ukuran sabun batang, yakni Rp98.000, membuat orang pikir-pikir sebelum mencoba sabun ini.

Selain sabun, ada juga cream siang dan cream malam Tzuki. Ini bukti kalau pakai sabun saja tidak cukup untuk memutihkan kulit. Kalau pun memang bisa bikin wajah tampak lebih putih, maka itu yang berperan lebih besar adalah krimnya, bukan sabunnya. Sabun hanyalah sebagai pendukung.

Sabun Kojie San
Sabun ini berwarna oranye, mengandung kojic acid, zat yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Tapi, seperti halnya sabun Tzuki, ada juga cream Kojie San, yang bisa digunakan supaya efeknya lebih cepat ketimbang cuma pakai sabun doang. Dari segi harga, sangat berbeda jauh kalau dibandingkan dengan sabun Tzuki. Harga sabun Kojie San cuma belasan ribu rupiah.

Sabun Klinskin
Sabun ini dulu sempat heboh, karena di iklannya bisa bikin putih dalam sekejap setelah menggunakan sabun ini, sehingga banyak orang tertarik. Sabun Klinskin berwarna oranye. Dalam promosinya, sabun ini diklaim bisa bikin putih, tanpa harus repot-repot perawatan ke salon. Sabun ini menjadi solusi hemat ketimbang mahal-mahal ke salon kecantikan, meskipun harga sabun ini sebenarnya mahal, yakni Rp98.000 per batang. Tapi, ada promo beli dua dapat tiga.

Dengan sabun semahal itu dan iklannya yang menarik, tentu orang berekspektasi tinggi terhadap sabun ini. Sayangnya, banyak yang kecewa karena tidak mendapatkan hasil seperti yang diiklankan. Kepopuleran sabun ini makin meredup, ditambah lagi dengan banyaknya produk palsu yang beredar.

Ada yang menjual sabun Klinskin sepaket dengan cream, tapi ini bukanlah produk asli, karena dari official-nya tidak pernah mengeluarkan produk sabun Klinskin sepaket dengan krim.

Sabun Kedas Beauty
Kepopuleran sabun Klinskin membuat salah satu brand skincare yang baru keluar beberapa tahun lalu ini juga mengeluarkan produk sejenis, bekerjasama dengan pabrik yang memproduksi sabun Klinskin, dan memang dibuat karena kepopuleran sabun Klinskin pada waktu itu.

Dengan nama besar Kedas Beauty, rupanya tak sulit untuk untuk menjadikan sabun Kedas Beauty sebagai salah satu sabun kecantikan yang laris di pasaran. Dengan harga jual yang jauh di bawah sabun Klinskin, nama besar Kedas Beauty, dan ribuan reseller, sabun ini mampu bersaing di pasaran, bahkan kini sabun Klinskin kalah pamor dengan sabun Kedas Beauty.

Meskipun dari perusahaan yang sama, dari ciri fisik antara sabun Klinskin dan sabun Kedas Beauty berbeda. Warna kedua sabun ini berbeda. Sabun Kedas Beauty berwarna biru muda, berbeda dengan sabun Klinskin yang berwarna oranye.

Gluta Collagen Soap
Sabun ini dari Indonesia, bukan produk dari Korea. Ada dua varian, yaitu Gluta Collagen Soap, yaitu Whitemilky berwarna putih, dan Chocowhite yang berwarna coklat.

Itulah beberapa contoh sabun yang viral di TikTok, yang diklaim sebagai sabun pemutih kulit. Sebelum mencoba produk yang viral di TikTok, sebaiknya cari dulu informasi seputar produk tersebut. Jangan gampang ikut-ikutan hanya karena ada yang bilang produk itu bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *