10 Makanan Yang Dapat Meningkatkan Metabolisme

Memilih makanan yang tepat dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Semakin cepat metabolisme, maka semakin banyak kalori yang dibakar sehingga lemak yang tersimpan dalam tubuh bisa ikut dibakar untuk menghasilkan energi.

Manfaatnya bisa langsung terlihat dengan terjadinya penurunan berat badan. Sebab lemak yang biasanya berada di paha atau di lingkar perut telah terpakai untuk menghasilkan energi.

Pada dasarnya metabolisme merupakan reaksi kimia yang terjadi secara alami didalam tubuh kita. Metabolisme memainkan peran penting untuk mengubah makanan menjadi energi untuk menjalankan proses seluler dan menyusun protein.

Jika anda ingin meningkatkan metabolisme tubuh maka ada dua cara yang efektif yaitu olah raga dan memilih makanan yang tepat. Dan pada pembahasan kali ini lebih fokus menjelaskan makanan apa saja yang dapat mempercepat metabolisme untuk menurunkan berat badan maupun untuk menjaga kesehatan tubuh.

10 Makanan Yang Dapat Meningkatkan Metabolisme

1. Telur

telur makanan yang meningkatkan metabolisme

Ketika anda makan makanan yang mengandung tinggi protein, tubuh mengeluarkan lebih banyak energi untuk mengubah makanan menjadi bahan penyusun protein.

Metabolisme akan meningkat sehingga lemak yang tersimpan dalam tubuh bisa lebih cepat untuk digunakan. Dan hasilnya berat badan bisa turun secara efektif.

Sebutir telur ayam mengandung sekitar 6 gram protein dan jika kita buang kuning telur maka menjadi sekitar 4 gram saja.

Mengawali pagi hari dengan sarapan telur rebus yang mengandung protein tinggi dapat meningkatkan metabolisme tubuh anda secara efektif.

2. Teh Hijau

green tea teh hijau dapat menurunkan berat badan

Minum teh hijau tanpa tambahan gula dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Kandungan katekin yang ada pada teh hijau dapat meningkatkan metabolisme lemak dalam tubuh.

Jika anda ingin meningkatkan pembakaran lemak anda, mengkonsumsi secangkir teh hijau dapat membantu mempercepat metabolisme secara efektif.

Teh hijau mengandung dua senyawa penting yang bermanfaat untuk kesehatan yaitu katekin dan kafein. Kombinasi kedua senyawa yang ada pada teh ini dapat meningkatkan metabolisme sebesar 4 – 10% sehingga dapat membakar 100 kalori per hari lebih banyak.

Baca juga : Perbedaan teh hijau, teh merah, teh hitam, teh putih, teh matcha, teh oolong (Wulong), teh ocha, teh herbal, teh jasmine

3. Dada ayam

dada ayam Makanan yang meningkatkan metabolisme

Dada ayam mengandung tinggi protein yang sangat bagus untuk memenuhi gizi harian anda. Makanan yang kaya protein seperti dada ayam dapat meningkatkan metabolisme lebih cepat dan menjaga massa otot.

Tubuh anda menggunakan lebih banyak energi ketika mencerna makanan yang mengandung protein tinggi. Dibandingkan karbohidrat dan lemak, tubuh kita akan membakar kalori lebih banyak saat mencerna protein.

Protein dapat meningkatkan laju metabolisme antara 15 – 30% , sedangkan karbohidrat hanya 5 – 10% dan lemak 0 – 3% [1]

4. Kacang-kacangan

kacang merah Makanan yang meningkatkan metabolisme

Kacang-kacangan seperti kacang polong, buncis, dan kacang tanah termasuk makanan yang mengandung tinggi protein dibandingkan dengan makanan nabati lainnya.

Seperti yang telah kita bahas tadi bahwa Makanan yang mengandung tinggi protein dapat meningkatkan metabolisme hingga 30% dari total kalori.

Selain protein, kacang-kacangan juga mengandung serat yang dapat memperlancar pencernaan dalam tubuh.

5. Kopi

kopi

Minum kopi di pagi hari adalah waktu yang sempurna, karena kopi dapat meningkatkan kewaspadaan otak kita untuk bisa berfikir lebih fokus.

Kandungan kafein yang ada di kopi dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan tingkat pemecahan lemak.

Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa kafein yang ditemukan dalam kopi dapat membantu meningkatkan laju metabolisme hingga 11% [2][3]

Baca juga : Cara menggunakan kafein yang benar agar bisa bermanfaat positif

6. Greek Yogurt

greek yogurt atau yogurt yunani

Greek Yogurt atau Yogurt Yunani memiliki banyak manfaat untuk pola hidup sehat dan seimbang. Greek Yogurt berbeda dari yogurt biasa dan itu bisa dilihat dari jumlah kandungan nutrisinya.

Greek Yogurt memiliki kandungan protein yang lebih tinggi tapi rendah lemak. Kandungan protein yang tinggi dari greek yogurt dapat membantu menjaga nutrisi makanan tetap di dalam dinding usus besar, sehingga bagus untuk pencernaan.

Selain kandungan protein, Yogurt Yunani ini juga bisa dijadikan sumber kalsium yang sangat baik untuk pembentukan tulang. Kalsium juga dapat memberikan peningkatan kecil untuk membakar lebih banyak kalori bila dikombinasikan dengan diet rendah kalori dan olahraga.

7. Salmon

salmon

Salmon merupakan sumber Omega-3 yang sangat baik untuk otak dan dapat memainkan perang penting untuk meningkatkan metabolisme Anda.

Kandungan EPA dan DHA pada ikan salmon memiliki efek positif pada leptin yaitu hormon yang mengatur laju metabolisme.

Diet tinggi omega-3 dapat memiliki efek yang menguntungkan untuk sel neuron otak yang berhubungan dengan kecerdasan dan dapat meningkatkan tingkat metabolisme yang lebih tinggi.

Baca juga : Perbedaan ALA EPA dan DHA pada omega-3

8. Jahe

jahe

Minuman jahe memang dapat meredakan radang tenggorokan dan memiliki efek positif terhadap metabolisme tubuh anda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 2 gram bubuk jahe yang dilarutkan dalam air panas dan meminumnya bersama makanan, dapat membantu tubuh anda membakar 43 kalori lebih banyak dibandingkan minum air putih panas. [4]

Jika anda ingin menurunkan berat badan atau membakar lemak yang tertimbun di lingkar perut atau paha, minum larutan Jahe dapat membantu tubuh Anda membakar lebih banyak kalori atau lemak. Namun efeknya dapat bervariasi pada setiap orang.

9. Cuka sari Apel

cuka sari apel

Cuka sari apel dapat meningkatkan metabolisme dengan membakar lebih banyak lemak yang digunakan untuk energi.

Cuka yang dibuat dari jus apel hasil fermentasi ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan cara memperlambat pengosongan perut sehingga memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Penelitian yang dilakukan pada tikus telah menunjukkan bahwa cuka sangat membantu dalam meningkatkan jumlah lemak yang dibakar untuk energi.

Asam asetat dalam cuka dapat membantu mengendalikan nafsu makan dengan memperlambat pencernaan zat pati yang membantu efektivitas diet. [5]

10. Minyak kelapa

minyak kelapa

Minyak kelapa memang dapat memberikan rasa kenyang, meningkatkan metabolisme, dan mampu menghancurkan lemak perut.

Secara struktur kimia, minyak kelapa memiliki trigliserida rantai menengah (medium-chain triglycerides / MCT). Lemak ini berbeda dari kebanyakan lemak lain yang biasanya mengandung jumlah rantai panjang yang lebih tinggi.

Minyak kelapa dapat membakar lebih banyak kalori dalam sehari sehingga sangat masuk akal kalau efeknya dapat membantu menurunkan berat badan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *