free counter with statistics Apa itu Kalori ? Pengertian Kalori dan fungsinya bagi tubuh. - Galerity

Apa itu Kalori ? Pengertian Kalori dan fungsinya bagi tubuh.

Apa itu Kalori ? Kalori adalah satuan yang digunakan untuk mengukur besarnya energi. Membakar lemak berarti membakar Kalori. Tetapi sumber kalori bukan berasal dari lemak saja. Fungsi Kalori yang utama adalah sebagai bahan bakar untuk mendukung kinerja sel-sel dan organ-organ tubuh kita.

apa itu kalori

Pengertian Kalori

Dalam dunia nutrisi, Kalori digunakan sebagai satuan untuk mengukur energi. Tetapi kebanyakan orang pada awalnya menjadi bingung karena terlalu banyak kata yang berbeda. Seperti Kalori, Calorie, kkal, kcal, cal, Cal.

Jika anda perhatikan label informasi nilai gizi yang tertera pada kemasan makanan di Indonesia sekarang menggunakan satuan kkal, bukan Kalori atau Calorie.

Sedangkan makanan yang berasal dari luar negeri seperti Amerika menggunakan satuan Calories bukan kkal.

label informasi nilai gizi Calorie

Lalu apa bedanya ?

Bedanya ada di huruf besar dan di huruf kecilnya, Calorie (huruf C besar), calorie (huruf c kecil), Kalori (huruf K besar), kalori (huruf k kecil). Harus dibedakan karena mempunyai arti yang berbeda pula.

Calorie adalah bahasa asli dari penemunya, sedangkan Kalori adalah terjemahan ke bahasa Indonesia.

Pada awalnya Kalori (Calorie) didefinisikan sebagai satuan energi panas. Penemu Calorie (huruf C besar) adalah Nicolas Clément pada tahun 1824.

Calor dalam bahasa latin artinya panas.

Sedangkan kalori atau calorie (huruf c kecil) diperkenalkan oleh Pierre Antoine Favre (Kimiawan) dan Johann T. Silbermann (Fisikawan) pada tahun 1852. Pada tahun 1879, Marcellin Berthelot memperkenalkan konvensi kapitalisasi Kalori besar untuk membedakan indra. Penggunaan Kalori (besar) untuk nutrisi diperkenalkan ke publik Amerika oleh Wilbur Olin Atwater, seorang profesor di Universitas Wesleyan, pada tahun 1887.

Di Amerika, label informasi nilai gizi di kemasannya menggunakan huruf C besar atau K besar (Calorie / Kalori). Sedangkan di Indonesia label informasi nilai gizi nya menggunakan huruf c kecil atau k kecil (calorie / kalori).

Sehingga ditemukan persamaan seperti dibawah ini :

1 Calorie = 1000 calorie = 1 kilo calorie = 1 kcal

1 kcal dibahasa indonesiakan menjadi 1 kkal

1 Calorie = 1 kkal.

Apa itu Kalori defisit dan surplus ?

Kalori defisit artinya jumlah Kalori yang keluar lebih besar dari jumlah kalori yang masuk. Kondisi ini diperlukan untuk orang yang ingin menurunkan berat badan.

Kalori surplus artinya jumlah kalori yang keluar lebih sedikit dari jumlah kalori yang masuk. Kondisi ini diperlukan untuk orang yang ingin menaikan berat badan.

Apa arti kalori keluar dan kalori masuk ?

Kalori keluar artinya Kalori yang dibutuhkan tubuh kita sebagai bahan bakar untuk sel dan organ tubuh serta untuk mendukung aktifitas fisik harian kita. Kalori keluar atau kalori yang dibakar oleh tubuh kita dapat meningkat ketika aktifitas fisik kita juga meningkat. Contohnya seperti berlari, berenang dan olahraga lainnya.

Kalori masuk artinya Kalori yang didapat ketika kita makan sesuatu seperti nasi, buah, sayur, dll.

Sumber Kalori

Dalam ilmu fisika, hukum kekekalan energi menyatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan oleh manusia, namun ia dapat berubah dari satu bentuk energi ke bentuk energi lain. [1]

Kita tidak dapat menciptakan energi, tetapi kita bisa mendapatkan sumber Kalori atau energi dari makanan yang mengandung makronutrisi seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Dari makanan tersebut tubuh kita mengubahnya menjadi energi yang digunakan sebagai bahan bakar.

Berikut ini beberapa sumber Kalori makanan sehari-hari yang biasa dijumpai :

1. Kalori Nasi putih

Sepiring nasi putih (100 gram atau 2 centong nasi penuh) mengandung 130 Kalori atau 130 kkal. Nasi putih memiliki sumber kalori dari karbohidrat sederhana.

2. Kalori Nasi goreng

Nasi goreng awalnya berasal dari nasi putih yang kemudian ditambah minyak yang mengandung lemak. Belum lagi jika ditambah potongan daging dan telur. Maka kandungan Kalori nasi goreng juga bervariasi yaitu antara 163 hingga 400 Kalori dalam sepiring nasi goreng.

3. Kalori Telur rebus

Satu butir telur ayam ukuran besar (50 gram) mengandung Kalori sekitar 78 kkal. Sumber Kalori telur berasal dari lemak, protein dan sedikit karbohidrat yang jika ditotal jumlahnya 78 Kalori.

4. Kalori Pisang

Satu buah pisang mengandung Kalori sekitar 90 kkal (ukuran kecil 101gr) hingga 121 kkal (ukuran besar 136gr). Sumber Kalori pisang berasal dari karbohidrat kompleks dan protein.

Dengan penjelasan ini diharap anda dapat mengerti tentang apa itu kalori dan fungsi nya bagi tubuh kita. Sebab tubuh kita pada dasarnya membutuhkan Kalori dan yang harus diperhatikan adalah jumlah Kalori dan sumber kalori.

Dengan menghitung Kalori masuk dan keluar serta mengerti sumber kalori apakah dari karbohidrat, protein atau lemak. Kita bisa menjalankan program diet sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *