free counter with statistics Mengenal bagian sel saraf atau neuron dan fungsinya - Galerity

Mengenal bagian sel saraf atau neuron dan fungsinya

Di otak kita terdapat miliaran sel saraf atau neuron yang fungsinya untuk menghantarkan impuls listrik.

Neuron atau sel saraf terdiri dari bagian-bagian yang mempunyai nama sendiri.

Berikut 9 bagian sel saraf dan fungsinya.

1. Dendrit

Bagian pertama dari sel saraf adalah Dendrit. Bagian ini di ujung yang membentuk cabang-cabang yang fungsinya menerima rangsangan atau impuls ke badan sel.


2. Badan Sel

Badan sel adalah bagian sel saraf yang merupakan tempat nukleus atau inti sel berada. Fungsinya menerima impuls dari dendrit.


3. Inti Sel

Inti sel adalah pusat dari sel saraf atau neuron. Didalam inti sel terdapat kromosom dan DNA yang mewarisi sifat keturunan dari sel tersebut.


4. Neurit atau akson

Neurit atau akson bentuknya seperti ekor panjang. Terletak setelah badan sel yang biasanya tertutup oleh selubung mielin.


5. Mielin

Mielin atau selubung mielin terletak di akson. Mielin membungkus akson seperti selubung sehingga disebut selubung mielin. Fungsi mielin untuk melindungi akson atau neurit dengan membungkusnya. Sifatnya isolator dan dapat mempercepat impuls untuk lewat.


6. Sel Schwann

Sel Schwann termasuk sel glia yang fungsinya membantu memberi nutrisi untuk neuron. Sel ini Memainkan peran penting dalam proses regenerasi pada sistem saraf tepi yang rusak.


7. Nodus Ranvier

Nodus ranvier adalah bagian akson yang tidak tertutup mielin. Sehingga membentuk celah-celah diantara selubung mielin yang fungsinya untuk loncatan impuls untuk mempercepat respon.


8. Oligodendrosit

Oligodendrosit juga termasuk sel glia atau sel pembantu neuron yang fungsinya produksi mielin.


9. Sinapsis

Sinapis adalah celah kecil yang menghubungkan neuron satu dengan neuron lainnya. Agar neuron yang satu dengan neuron lainnya bisa terhubung dalam menyampaikan pesan impuls. Di celah sinapsis membutuhkan senyawa penting yang disebut neurotransmiter. Neurotransmiter ini mempunyai peran penting yang pengaruhnya bisa langsung dirasakan ketika otak berpikir fokus.


Berikutnya kita akan mempelajari neurotransmiter lebih dalam. Terdapat ratusan neurotransmiter, namun kita hanya berfokus kepada neurotranmiter yang mayoritas berdampak langsung pada kinerja otak.

Beberapa diantaranya adalah dopamin, serotonin, acetylcholine, dan beberapa jenis neurotransmiter lainnya yang akan kita bahas agar bisa meningkatkan kinerja otak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *