Cara meningkatkan daya ingat yang efektif

Daya ingat lemah bisa disebabkan masalah kesehatan otak. Untuk mencegah daya ingat menurun kita harus melakukan banyak hal. Ada cara meningkatkan daya ingat yang dapat membuat kemampuan otak untuk menghafal menjadi tajam.

cara meningkatkan daya ingat

Penyebab otak susah menghafal bisa dikarenakan kebiasaan kurang tidur, kurang nutrisi otak, dan kurang olah raga. Kebiasaan jelek itu jika dilakukan terus-menerus akan menyebabkan otak menjadi mudah lupa dan susah konsentrasi berpikir.

Faktor usia juga mempengaruhi kekuatan daya ingat manusia. Tetapi kebiasaan hidup yang jelek juga dapat menyebabkan penurunan daya ingat pada usia muda.

Kita bisa melakukan pencegahan dan memperbaiki daya ingat supaya kembali menjadi tajam. Pada pembahasan kali ini Galerity akan menjelaskan bagaimana cara meningkatkan daya ingat yang terbukti efektif.

Daya ingat dipengaruhi oleh Hippocampus

hippocampus tempat daya ingat

Pertama kita harus mengerti terlebih dahulu bagian otak yang berfungsi untuk memproses daya ingat dan menerima informasi baru. Bagian otak itu adalah hippocampus.

Hippocampus (Hipokampus) memainkan peran penting untuk proses belajar, daya ingat, suasana hati dan emosi. Jika bagian otak ini sampai rusak, maka akan membuat daya ingat menurun.

Bagian otak yang pertama kali mengalami kerusakan pada penderita Alzheimer adalah hippocampus. Yang akan menyebabkan kesulitan mengingat dan susah untuk menerima ingatan baru.

Untuk menghindari hal buruk itu, kita perlu meningkatkan neurogenesis. Neurogenesis memang sudah terjadi secara alami, tetapi seiring bertambahnya usia akan mengalami penurunan. Jadi cara meningkatkan daya ingat yang tepat adalah dengan mengoptimalkan neurogenesis.

Cara meningkatkan daya ingat dengan Neurogenesis

meningkatkan neurogenesis dan daya ingat

Neurogenesis adalah proses diproduksinya neuron baru di otak. Hippocampus adalah salah satu tempat untuk melahirkan neuron baru di otak.

Penurunan neurogenesis di hippocampus dapat meningkatkan resiko penyakit Alzheimer. [1] Produksi neuron menurun akan menyebabkan daya ingat menurun.

Karena itu cara meningkatkan daya ingat yang efektif adalah dengan meningkatkan neurogenesis. Cara meningkatkan neurogenesis dimulai dengan memperhatikan nutrisi otak, gaya hidup dan aktifitas fisik.

Omega 3 meningkatkan neurogenesis

omega 3 meningkatkan daya ingat

Nutrisi otak yang penting tapi sering dilupakan banyak orang adalah Omega 3. Omega 3 mempunyai peran penting di otak dan juga di seluruh tubuh.

Omega-3 merupakan komponen struktur penting dari sel membran. Peran omega 3 terutama yang wujudnya DHA sangat diperlukan untuk fungsi sistem saraf.

Salah satu cara meningkatkan daya ingat adalah dengan memberi asupan omega 3. Karena omega-3 dapat meningkatkan neurogenesis.

Sumber omega 3 bisa ditemukan pada makanan seperti buah alpukat, biji-bijian dan makanan laut. Anda bisa temukan sumber omega-3 yang tinggi di minyak nabati, tetapi Sumber omega 3 terbaik berasal dari makanan laut.

Hewan laut seperti ikan salmon, teri, sarden, tuna, mengandung jenis omega-3 EPA dan DHA yang tinggi. Hal ini yang membedakan dengan kandungan omega-3 yang tinggi pada minyak nabati tetapi miskin EPA dan DHA.

Flavonoids meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak

flavonoids dapat menjaga daya ingat

Cara meningkatkan daya ingat yang alami adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung senyawa flavonoid. Flavonoid adalah senyawa yang berasal dari tumbuhan. Fungsi flavonoid adalah untuk antioksidan dan meningkatkan neurogenesis.

Meningkatkan daya ingat dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung flavonoid merupakan cara ampuh untuk menjaga kesehatan otak.

Sumber flavonoid ditemukan pada buah dan sayur. Contoh sumber makanan nutrisi otak yang mengandung antioksidan super tinggi adalah blueberry. Kemudian disusul dengan blackberry dan strawberry. Karena itulah buah berry terkenal dengan sebutan makanan untuk nutrisi otak.

Resveratrol dapat menjaga kesehatan otak

resveratrol mencegah daya ingat menurun

Senyawa resveratrol bermanfaat untuk meningkatkan neurogenesis. Resveratrol juga merupakan senyawa yang berasal dari tumbuhan. Karena itu tidak heran jika orang yang ingin menjaga kesehatan selalu direkomendasikan makan buah dan sayur.

Sumber resveratrol ditemukan pada kacang, buah strawberry dan anggur. Asupan makanan yang mengandung resveratrol juga sebagai cara meningkatkan daya ingat yang efektif. Karena dapat mencegah penurunan fungsi otak.

Manfaat resveratrol selain untuk daya ingat otak juga berfungsi untuk mencegah kanker, kesehatan jantung, dan mencegah inflamasi.

Curcumin membuat otak cerdas

curcumin untuk kesehatan otak

Pernah makan jamu yang sumbernya dari kunyit ? Jika iya berarti anda sudah menemukan cara meningkatkan daya ingat dengan menggunakan bahan alami.

Kunyit atau kunir adalah tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. [2] Kunyit mengandung senyawa aktif yang disebut Curcumin (kurkumin).

Curcumin bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat karena memiliki sifat sebagai antioksidan dan melindungi saraf.

Senyawa curcumin dapat meningkatkan neurogenesis yang dapat meningkatkan konsentrasi belajar. Senyawa ini dapat berguna untuk mengurangi risiko radang otak dan mengembalikan homeostasis energi pada sistem otak yang terganggu akibat terluka atau trauma. [3]

Zinc nutrisi otak penting untuk daya ingat

zinc nutrisi otak untuk daya ingat

Zinc adalah mineral penting bagi manusia. Seng atau zinc diperlukan untuk fungsi lebih dari 300 enzim dan 1000 faktor transkripsi. Memberi asupan zinc yang cukup termasuk cara meningkatkan daya ingat yang alami.

Di otak, zinc disimpan dalam vesikula sinaptik spesifik oleh neuron glutamatergik dan dapat memodulasi rangsangan neuron. Perkembangan neurogenesis membutuhkan peran dari asupan zinc. [4]

Sumber zinc berasal dari produk hewani seperti daging, ikan, unggas, telur, kerang dan susu.

Asam folat dapat menjaga daya ingat

asam folat nutrisi untuk meningkatkan daya ingat

Penyebab otak susah menghafal yang utama adalah karena kurangnya asupan nutrisi otak. Asupan asam folat akan meningkatkan kemampuan otak untuk menghafal.

Vitamin B9 adalah nama lain dari asam folat. Otak membutuhkan nutrisi vitamin B9 atau asam folat untuk mengobati orang yang menderita susah mengingat atau mudah lupa.

Manfaat asam folat juga dapat menurunkan resiko penyakit alzheimer. Sumber asam folat antara lain bayam, kacang polong, kentang, tomat, jeruk dan buah lainnya.

Blueberries, Blackberry, strawberry

buah berry mengandung anthocyanidins untuk daya ingat

Cara meningkatkan daya ingat yang terbukti ampuh yaitu dengan rajin makan buah berry. Buah berry terutama blueberry, blackberry, dan strawberry mengandung antioksidan yang sangat tinggi dibanding buah lainnya.

Ketiga buah berry itu dapat membuat daya ingat yang tajam. Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi blueberry dan strawberry dikaitkan dengan perlambatan penurunan daya ingat pada wanita yang lebih tua. [5]

Blueberry mengandung anthocyanidins tertinggi dibandingkan blackberry dan strawberry. Anthocyanidins yang super tinggi bermanfaat untuk antioksidan dan meningkatkan neurogenesis.

Pembatasan kalori meningkatkan neurogenesis

pembatasan kalori meningkatkan neurogenesis

Kalori memang penting untuk sumber tenaga kita beraktifitas tetapi pembatasan kalori juga penting untuk mendukung neurogenesis.

Pembatasan kalori dapat mencegah kerusakan saraf yang berkaitan dengan usia. Penelitian menunjukan bahwa pembatasan kalori yang dikombinasikan dengan olah raga dapat mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif. [6]

Meskipun demikian efek jangka panjang dari pembatasan kalori pada orang dewasa membutuhkan klarifikasi yang lebih lanjut.

Menjaga berat badan ideal untuk meningkatkan daya ingat

menurunkan berat badan dapat meningkatkan daya ingat

Menurunkan berat badan atau menjaga berat badan juga sebagai cara meningkatkan daya ingat otak yang sehat.

Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan antara daya ingat dan obesitas. Penurunan berat badan setelah 6 bulan menunjukan peningkatan kinerja memori dan aktifitas otak yang lebih baik. [7]

Jika anda tidak ingin mudah lupa di usia muda, menjaga berat badan adalah hal penting untuk meningkatkan daya ingat dan diet sehat.

Latihan fisik membuat daya ingat semakin tajam

latihan fisik mempertajam daya ingat

Latihan fisik seperti olah raga lari, berenang, aerobik atau lainnya merupakan faktor penting untuk neurogenesis. Selain memberi nutrisi otak, cara meningkatkan daya ingat juga harus melakukan latihan fisik.

Aktivitas fisik memberikan efek positif pada fungsi otak. Dengan olah raga teratur akan merangsang hippocampus untuk memproduksi neuron baru di otak.

Hasilnya bisa langsung anda rasakan yang ditandai dengan kemampuan berpikir menjadi lebih tajam dan daya ingat juga meningkat.

Senam aerobik terbukti ampuh meningkatkan daya ingat

senam aerobik menyehatkan hippocampus

Senam aerobik merupakan salah satu cara meningkatkan daya ingat yang paling sering di uji coba di berbagai penelitian.

Latihan aerobik mampu mencegah penurunan kognitif pada orang tua yang berisiko mengalami demensia.

Suplai oksigen ke otak akan meningkat ketika latihan aerobik berlangsung. Hal ini sangat bermanfaat positif untuk otak terutama hippocampus yang berperan untuk daya ingat dan proses pembelajaran. [8]

Cara meningkatkan daya ingat dengan berlari

olah raga lari

Sebelum melakukan pekerjaan yang melibatkan otak untuk berpikir berat, cobalah melakukan aktifitas fisik lari.

Lari merupakan cara meningkatkan daya ingat yang mudah karena juga merangsang otak untuk neurogenesis.

Daya ingat yang kuat akan mudah tercapai jika kita melakukan aktifitas fisik seperti lari secara teratur.

Berhenti merokok

berhenti merokok

Merokok merupakan penyebab timbulnya berbagai macam penyakit. Selain neurogenesis masih ada cara meningkatkan daya ingat yaitu dengan menjaga sel neuron agar tetap hidup.

Radikal bebas pada rokok dapat menurunkan dan membunuh sel-sel otak. Orang yang merokok memiliki risiko alzheimer lebih tinggi dari pada orang yang tidak merokok.

Jika anda benar-benar ingin menjaga daya ingat tetap kuat sebaiknya hindari merokok maupun asap rokok.

Kualitas tidur

kualitas tidur mempengaruhi daya ingat

Sebagian orang menganggap sepele masalah tidur. Bahkan ada yang menganggap bahwa tidur hanyalah membuang-buang waktu. Tetapi bagi otak manusia, waktu tidur sangat dibutuhkan untuk mengkonsolidasikan ingatan dan memperbaiki sel otak.

Apa yang dimaksud dengan mengkonsolidasikan ingatan ?

Mengkonsolidasikan ingatan artinya selama tidur, otak kita akan merapikan memori pada tempat yang benar.

Di otak kita mengenal bagian-bagian seperti korteks, hippocampus, thalamus, hingga batang otak.

Selama tidur, otak kita akan mentransfer ingatan jangka pendek ke ingatan jangka panjang di korteks dan bagian otak lainnya.

Jika anda ingin memiliki otak cerdas dengan daya ingat yang super tajam, maka tidur lah 8 jam sehari.

Tidur merupakan cara meningkatkan daya ingat yang memberi kesempatan otak untuk merapikan memori, memperbaiki sel dan membuang racun.

Meditasi

meditasi

Meditasi dapat membuat tubuh rileks dan menciptakan gelombang alpha.

Otak akan lebih mudah menerima informasi baru dalam keadaan gelombang alpha. Ciri terjadinya gelombang alpha ditandai dengan perasaan yang tenang dan dalam, setengah mengantuk tetapi masih sadar.

Meditasi terbukti dapat meningkatkan daya ingat, meningkatkan fokus dan perhatian. Serta meningkatkan kinerja hippocampus dalam hal neurogenesis. [9]

Waktu yang tepat untuk menghafal

waktu yang tepat untuk menghafal

Memilih waktu belajar yang tepat juga termasuk cara meningkatkan daya ingat. Agar ingatan yang kita simpan tidak mudah lupa, kita perlu memperhatikan waktu belajar.

Berdasarkan penelitian, waktu yang paling ideal untuk menghafal adalah 3 jam sebelum tidur. Dengan demikian memori yang dihafal dapat masuk ke ingatan jangka panjang lebih mudah.

Kualitas tidur juga mempengaruhi daya ingat. Tidur 8 jam sehari dengan waktu yang sama setiap harinya adalah yang paling baik untuk menjaga daya ingat tetap tajam.

Terus belajar

terus belajar

Terus belajar dan selalu mempelajari hal-hal baru juga tergolong cara meningkatkan daya ingat yang efektif.

Dengan terus menggunakan otak untuk belajar secara teratur akan mencegah sel neuron mati. Tetapi justru akan melahirkan neuron baru dan menciptakan koneksi baru pada dendrit neuron.

Belajar hal-hal baru juga akan merangsang sel oligodendrosit untuk memproduksi mielin lebih banyak yang akan membuat otak lebih cerdas.

Minum Kopi meningkatkan konsentrasi belajar

minum kopi meningkatkan konsentrasi belajar

Kopi mengandung kafein yang tinggi, lebih tinggi dari teh. Penggunaan yang benar dapat bermanfaat positif untuk otak seperti kemampuan fokus dan konsentrasi yang meningkat.

Sedangkan jika cara minumnya salah bisa berdampak negatif seperti kepala pusing, jantung berdebar, tangan gemetar, dll.

Ketika anda memutuskan minum kopi agar mendapatkan kafein untuk stimulant otak. Perhatikan tips berikut ini.

Memahami penggunaan kafein untuk meningkatkan kemampuan fokus berpikir dan juga untuk menjaga kualitas tidur yang baik

Cara meningkatkan konsentrasi belajar yang ampuh adalah dengan minum kopi. Tetapi untuk menghindari efek sampingnya seperti kualitas tidur yang buruk.

Dosis dan waktu yang tepat akan bermanfaat positif dalam penggunaan kafein untuk meningkatkan fokus berpikir.

Kafein diserap dengan cepat ke aliran darah yang membutuhkan waktu hanya dalam hitungan menit. Tetapi efeknya dapat meningkatkan kewaspadaan otak selama 6 jam. Dan baru akan hilang sepenuhnya dari tubuh setelah 24 jam.

Jadi waktu yang tepat untuk minum kopi adalah di pagi hari, jauh dari waktu tidur.

Kemudian masalah dosis, tiap orang memiliki tingkat sensitif terhadap efek kafein yang berbeda yang berdampak pada kualitas tidur.

Normalnya, satu cangkir kopi ukuran kecil atau sedang (200ml kafein) sudah cukup untuk satu hari.

Lalu hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah masalah asupan nutrisi. Kafein tidak termasuk bagian dari nutrisi dan sifatnya hanya stimulant saja. Jadi cara minum kopi yang benar adalah sesudah makan. Sesudah tubuh diberi nutrisi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral yang cukup baru boleh minum kopi.

Jika kondisi lapar atau lelah kemudian diberi kopi, efek yang ditimbulkan akan negatif seperti jantung berdebar, tangan gemetar, dll. Sebab kopi sama sekali tidak memberi nutrisi tetapi hanya sebagai stimulant saja.

Minum teh alternatif cara meningkatkan konsentrasi dan fokus

minum teh meningkatkan fokus belajar

Jika kadar kafein dalam kopi terlalu tinggi bagi tubuh anda, minum teh adalah alternatifnya.

Keuntungan minum teh selain mendapat kafein yang lebih rendah dari kopi adalah kandungan L-theanine yang dapat membuat tubuh rileks.

Kafein dan L-theanine ditemukan pada teh yang memiliki efek langsung pada sistem saraf pusat.

Theanine meningkatkan kadar dopamin di otak. Dopamin adalah sejenis neurotransmitter yang berperan menyampaikan pesan dari satu saraf ke saraf yang lain.

Dopamin inilah yang sebenarnya mempengaruhi kinerja otak untuk bisa fokus dan konsentrasi. Tanpa dopamin, otak akan susah berpikir fokus dan konsentrasi.

Senyawa kafein dan l-theanine sifatnya hanya sebagai stimulant saja untuk memaksa otak mengeluarkan neurotransmitter seperti dopamin lebih dari keadaan normal.

Kondisi inilah yang menguntungkan kita untuk dipakai belajar dan berpikir. Karena tingkat fokus dan konsentrasi berpikir otak sangat tinggi.

Kandungan kafein dan L-theanine pada teh dapat meningkatkan mood dan kinerja kognitif otak secara sinergis.

Pada pembahasan kali ini hanya membahas tentang cara meningkatkan daya ingat yang berhubungan dengan bagian otak yang disebut hippocampus. Mengoptimalkan neurogenesis merupakan cara agar otak tetap sehat sehingga daya ingat tetap tajam.

Dopamin hanyalah satu dari banyak neurotransmitter lainnya yang mempengaruhi otak untuk fokus berpikir.

Dipembahasan berikutnya Galerity akan membahas lebih dalam tentang bagaimana cara meningkatkan konsentrasi dan fokus berpikir dengan mengoptimalkan neurotransmitter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *