Cara meningkatkan dopamin untuk bisa berpikir fokus

Cara efektif meningkatkan dopamin untuk kinerja otak yang optimal, mampu berpikir fokus, dan mudah meningkatkan konsentrasi.

cara meningkatkan dopamin

Pernahkah anda merasa susah untuk berpikir ? Susah untuk konsentrasi meskipun sudah berusaha fokus semaksimal mungkin ? Jika pernah maka bisa jadi kadar dopamin di otak anda rendah.

Dopamin mempunyai peran penting untuk kinerja otak terutama untuk berpikir fokus. Kadar dopamin yang rendah akan membuat otak menjadi susah untuk berpikir. Karena itu kita perlu meningkatkan kadar dopamin.

Apa itu Dopamin ?

Dopamin adalah salah satu sel kimia otak yang sering disebut dengan neurotransmiter. Fungsi dopamin di otak adalah untuk membawa sinyal di antara neuron.

Otak membutuhkan dopamin untuk menyampaikan pesan dari satu saraf ke saraf yang lain. Ketika kita berpikir terjadi reaksi impuls antara satu neuron dengan neuron lainnya.

Diantara tiap neuron terdapat celah kecil yang sering disebut dengan sinaps (synapse). Agar impuls bisa menyeberang ke neuron selanjutnya, dibutuhkan perantara yang dalam hal ini adalah dopamin.

Cara meningkatkan dopamin yang natural dan efektif

Pertama kita harus mengetahui terlebih dahulu bahwa dopamin disintesis dari asam amino tirosin (Tyrosine). Tirosin diproduksi di hati dari fenilalanin (Phenylalanine) dengan bantuan enzim fenilalanin hidroksilase.

Tirosin kemudian diangkut ke neuron melalui serangkaian reaksi yang akhirnya menjadi dopamin.

Setelah mengetahui proses tersebut, maka sekarang setidaknya kita mengetahui bahwa cara meningkatkan dopamin terbaik adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung tirosin dan fenilalanin.

Makanan yang mengandung Tirosin dan Fenilalanin untuk meningkatkan kadar dopamin di otak

1. Pisang

Pisang menjadi pilihan terbaik untuk nutrisi otak. Mengkonsumsi pisang secara teratur merupakan cara terbaik untuk meningkatkan dopamin di otak.

Tiap 100 gram pisang mengandung 9 miligram tirosin dan 49 miligram fenilalanin.

Pisang juga kaya akan kalium dan magnesium serta nutrisi lainnya yang mampu meningkatkan fungsi kognitif secara keseluruhan.

2. Alpukat

Buah alpukat dapat meningkatkan kadar dopamin di otak secara alami. Setiap 100 gram alpukat mengandung 49 miligram tirosin dan 232 miligram fenilalanin.

Alpukat menjadi sumber nutrisi yang bagus untuk kesehatan jantung dan otak. Kandungan nutrisi seperti asam folat, vitamin B, C, dan E, serta kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Salah satu keunggulan Alpukat yang hampir tidak dimiliki oleh buah lainnya adalah kandungan lemak sehatnya yang dapat ikut memberikan nutrisi otak.

Kandungan Lemak sehat seperti omega 9 yang dimiliki alpukat juga ikut berkontribusi meningkatkan kinerja otak secara keseluruhan. Selain itu terdapat juga kandungan omega 3 pada buah alpukat meskipun hanya sedikit.

3. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung tinggi omega-3 yang bermanfaat untuk neurogenesis otak. Kandungan tirosin dan fenilalanin juga terbilang tinggi.

100 gram salmon (atlantik) mengandung 746 miligram tirosin dan 863 miligram fenilalanin. Sumber nutrisi otak yang tinggi pada ikan salmon sudah pasti sangat membantu meningkatkan kinerja otak secara keseluruhan.

Sudah banyak orang mengkonsumsi daging salmon yang terkenal akan khasiat kesehatannya. Mengkonsumsi salmon dapat meningkatkan produksi dopamin di otak yang dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi berpikir.

Cara meningkatkan dopamin di otak yang instan dan praktis

Jika anda ingin bisa fokus dan konsentrasi berpikir, gunakan stimulan kafein ! Telah banyak informasi yang beredar di internet secara simpang siur yang pastinya dapat membuat bingung bagi anda yang awam.

Ada yang bilang kafein itu bagus untuk stimulan otak tetapi ada juga yang bilang tidak bagus.

Lalu mana yang benar ?

Kafein bisa menjadi bermanfaat jika cara mengkonsumsi nya benar dan bisa merugikan jika cara konsumsi nya salah.

Hubungan kafein dan dopamin untuk fokus berpikir

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa cara meningkatkan dopamin yang efektif pada dasarnya dibutuhkan asupan tirosin dan fenilalanin.

Fungsi kafein dapat meningkatkan ketersediaan reseptor dopamin di otak manusia. Tetapi bukan sebagai bahan baku pembuat dopamin seperti tirosin dan fenilalanin. Kafein hanyalah sebagai stimulan saja.

Jadi jangan sampai salah cara mengkonsumsi nya. Urutan yang benar yaitu penuhi dahulu semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh, baru kemudian mengkonsumsi kafein. Dalam hal ini dapat berdampak positif, kemampuan berpikir fokus dan konsentrasi akan meningkat secara signifikan.

Tetapi jika sampai terbalik maka yang terjadi adalah kafein dapat membuat pusing kepala, jantung berdebar-debar, dan gejala lainnya. Sebab peran kafein ditubuh hanya sebagai stimulan bukan sebagai nutrisi utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *