Cara meningkatkan imun tubuh biar tidak gampang sakit

Pentingnya menjaga sistem kekebalan tubuh supaya tidak mudah sakit. Ada cara meningkatkan imun tubuh yang efektif agar bisa sehat selalu.

cara meningkatkan imun tubuh yang efektif

Biang kerok yang membuat kita jatuh sakit adalah patogen. Patogen sering disebut sebagai mikro organisme parasit yang dapat menyebabkan penyakit pada inangnya.

Secara umum patogen dibagi dalam beberapa klasifikasi yaitu Virus, bakteri, fungi, protozoa dan cacing. Wabah Covid-19 yang tengah menggemparkan seluruh penduduk bumi ini termasuk dalam klasifikasi virus.

Berikut ini beberapa cara meningkatkan imun tubuh yang efektif biar tidak gampang sakit.

1. Selalu Makan tepat waktu

Jangan sampai telat makan karena tubuh kita bisa kekurangan asupan nutrisi yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Usahakan selalu makan tepat waktu setiap harinya karena dengan demikian respon imun juga bisa berfungsi dengan baik.

Menerapkan pola makan teratur juga dapat bermanfaat untuk kesehatan lambung. Dengan selalu makan tepat waktu maka lambung akan selalu terisi makanan secara teratur.

Baca juga : Berapa lama makanan berada di lambung ?

2. Menerapkan pola makan bergizi dan seimbang

Selain harus selalu makan tepat waktu, menerapkan pola makan bergizi dan seimbang juga menjadi faktor penting untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Kita harus pintar memilih makanan yang bergizi tinggi. Buah-buahan, sayuran dan produk susu merupakan contoh dari makanan yang mengandung kaya akan nutrisi.

Beberapa kandungan nutrisi seperti vitamin A dan Vitamin C juga bisa berfungsi sebagai antioksidan.

Baca juga : Perbedaan vitamin A, provitamin A, beta karoten dan hubungannya dengan antioksidan

3. Konsumsi Suplemen untuk pelengkap nutrisi

Cara meningkatkan imun tubuh yang paling efektif adalah dengan mendapatkan asupan nutrisi yang lengkap.

Secara umum ada 6 nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh supaya bisa berfungsi dengan baik. Keenam nutrisi utama tersebut adalah Karbohidrat, Protein, lemak, Vitamin, Mineral, dan Air.

Nutrisi utama tersebut bisa anda dapatkan dari makanan harian. Namun terkadang jika hanya mengandalkan nutrisi dari makanan harian saja masih kurang. Untuk itulah suplemen makanan hadir membantu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Anda bisa mengkonsumsi beberapa suplemen sebagai pelengkap nutrisi dan cukup pilih beberapa saja yang dirasa masih kurang saja.

Misalnya Vitamin C.

Vitamin C mempunyai sifat yang larut dalam air dan tidak bisa disimpan dalam tubuh. Suplemen Vitamin C bisa anda temukan dengan mudah dalam bentuk tablet atau minuman kesehatan.

Contoh lain nutrisi yang biasanya sulit didapat dari makanan utama yaitu Omega-3. Omega-3 adalah lemak sehat tak jenuh ganda yang sangat dibutuhkan tubuh. Sumbernya bisa didapat dari makanan laut seperti ikan salmon atau ikan teri.

Namun tak banyak orang yang mengkonsumsi ikan secara rutin. Untuk itu solusi terbaik adalah dengan mengkonsumsi suplemen minyak ikan yang mengandung Omega-3.

Baca juga : Suplemen minyak ikan yang bagus ciri-cirinya seperti apa ?

4. Rajin Olah raga

Olah raga teratur merupakan salah satu cara meningkatkan imun tubuh yang bagus dan efektif. Selain memperkuat imunitas tubuh, olah raga dapat membuat kondisi tubuh tetap bugar.

Dengan rajin olah raga maka bisa memperlancar kinerja antibodi dan sel-sel darah putih.

Sel T adalah bagian dari kelompok sel darah putih yang memainkan peran penting pada kekebalan seluler serta mampu membedakan jenis patogen.

5. Tidur yang cukup

Rata-rata orang membutuhkan waktu tidur selama 8 jam sehari. Selama tidur, tubuh kita akan memproduksi sitokin yang merupakan sejenis protein untuk melawan infeksi.

Sitokin memiliki peran penting terhadap respon imun khususnya dalam respon inang terhadap infeksi. Tanpa tidur yang cukup sitokin tidak bisa diproduksi optimal oleh tubuh.

Tidur cukup yang berkualitas juga dapat menghancurkan sel pembawa virus. Karena selama kita tidur, produksi Sel T di dalam tubuh meningkat. Dan sel T berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh.

6. Hindari pemicu Stres

Stres bisa memicu tubuh kita untuk memproduksi hormon kortisol dan hormon ini bisa melemahkan sistem imun tubuh.

Cara menghindari pemicu stres adalah dengan selalu berpikir positif dan melakukan aktivitas sehat seperti olahraga.

Hindari hal-hal yang membuat anda menjadi cemas, alihkan dengan hal-hal yang menyenangkan. Dengan demikian tubuh akan memperlambat pelepasan hormon stres (kortisol).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *