free counter with statistics Cara menjaga konsentrasi belajar agar tetap fokus - Galerity

Cara menjaga konsentrasi belajar agar tetap fokus

Terkadang konsentrasi belajar kita terganggu banyak hal. Padahal kita sedang dituntut misalnya untuk menghadapi ujian atau mengerjakan tugas. Berikut ini ada cara efektif untuk menguasai konsentrasi manajemen yang dapat membuat pekerjaan hidup anda lebih mudah.

Menjaga konsentrasi belajar dengan teknik yang benar

konsentrasi belajar

1. Menyederhanakan tugas

Otak kita akan bekerja lebih baik jika kita menggunakannya tanpa multitasking. Karena multitasking hanya membuat otak susah konsentrasi. Jadi cara yang benar yaitu dengan menyederhanakan tugas terlebih dahulu.

Buat checklist atau daftar periksa di sebuah kertas. Tulis semua tugas yang akan dikerjakan. Lalu mulailah fokus mengerjakannya satu per satu. Setiap satu tugas selesai, beri tanda centang pada daftar periksa tadi. Setiap kali berhasil menyelesaikan satu tugas, kadar zat kimia di otak yang bernama dopamin akan meningkat.

Efek dopamin dapat menjaga konsentrasi belajar tetap stabil dan membuat motivasi kita tetap tinggi untuk belajar.

2. Memilih lingkungan yang kondusif

Pilih tempat belajar yang kondusif. Faktor tempat dan suasana sangat mempengaruhi konsentrasi belajar. Suasana belajar yang ideal secara ilmiah adalah suasana yang sunyi dan sejuk. Keadaan ini akan memudahkan anda untuk memusatkan pikiran pada materi pembelajaran tanpa adanya gangguan dari lingkungan sekitar.

Namun ternyata tidak semua orang bisa langsung cocok dengan keadaan yang seperti itu. Sebelum bisa menenangkan diri untuk fokus belajar, beberapa orang perlu bantuan musik.

Mendengarkan musik dapat mempengaruhi aktivitas gelombang otak untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi belajar.

Tidak ada judul musik yang spesifik karena tipe kepribadian orang berbeda-beda. Jadi pilih saja lagu favorit yang dapat membuat anda tenang dan juga mampu membangkitkan semangat anda untuk termotivasi.

3. Pilih waktu yang tepat

Supaya otak bisa bekerja dalam kondisi yang terbaik, ada waktu tertentu yang setiap orang dapat berbeda-beda.

Ketahui bioritme anda. Bioritme adalah kondisi internal fisik yang meliputi siklus harian kondisi fisik. Para peneliti telah menemukan ada waktu-waktu tertentu yang dapat dimanfaatkan saat tubuh dalam kondisi terbaiknya.

Umumnya kebanyakan orang dewasa dapat mencapai kondisi terbaiknya saat di pagi hari. Hari dimana awal kegiatan baru dimulai sehingga untuk bisa fokus dan konsentrasi menjadi sangat mudah. Namun setiap orang dapat berbeda-beda.

Konsentrasi belajar dengan mengandalkan neurotransmitter

1. Tingkatkan kadar dopamin

Dopamin adalah salah satu sel kimia otak yang fungsinya langsung mempengaruhi konsentrasi belajar anda. Berbeda dengan pembahasan sebelumnya tentang faktor lingkungan dan menggunakan teknik. Jika kadar dopamin di otak rendah, maka sudah pasti anda akan kesulitan berpikir fokus dan konsentrasi.

Cara meningkatkan dopamin ada dua cara, yaitu cara alami dan menggunakan stimulan.

Olahraga dapat meningkatkan kadar dopamin secara alami. Latihan fisik secara teratur minimal 30 menit sehari, 2 kali seminggu dapat membuat otak bekerja lebih baik terutama untuk konsentrasi.

stimulan seperti kafein juga bisa membuat konsentrasi belajar anda meningkat. Teh dan kopi merupakan minuman yang mengandung kafein. Meskipun sama-sama mengandung kafein, kopi memiliki kadar kafein yang lebih tinggi dari teh.

2. Menggunakan kafein secara benar

Sudah banyak orang mengetahui dan mungkin termasuk anda yang merasakan manfaat langsung minum teh atau kopi. Dalam hitungan detik setelah minum tegukan pertama, kewaspadaan otak anda akan meningkat. Otak menjadi lebih mudah fokus setelah ada asupan kafein.

Namun yang perlu diwaspadai adalah jika pemakaian kafein tidak tepat, efek yang ditimbulkan adalah negatif bagi kesehatan anda.

Kafein sangat berbeda dengan nutrisi, karena fungsinya hanya sebagai stimulan otak.

Batasi konsumsi kafein per hari untuk menghindari susah tidur. Pagi hari atau siang hari adalah waktu yang baik untuk meningkatkan kewaspadaan otak anda dengan minum teh atau kopi. Terutama untuk meningkatkan konsentrasi belajar.

Tetapi hindarilah mengkonsumsi kafein di malam hari. Tingkat kedalaman tidur akan jauh lebih nyenyak jika tanpa menggunakan kafein.

3. Konsumsi makanan yang mengandung Tirosin

Berbeda dengan kafein yang fungsinya memaksa otak untuk mengeluarkan dopamin. Tirosin memiliki fungsi yang jauh lebih baik dan alami. Fungsi tirosin dalam otak adalah sebagai prekursor dopamin.

Untuk menghasilkan dopamin secara alami di otak, diperlukan bahan baku yang salah satunya adalah tirosin.

Tirosin dapat ditemukan pada makan seperti pisang, susu, kedelai, daging sapi tanpa lemak, salmon, dll.

Pelajari lebih dalam tentang bagaimana mengendalikan otak untuk belajar yang lebih baik.
Tips supaya pelajaran lebih mudah masuk ke otak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *