free counter with statistics Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat - Galerity

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Cara menurunkan berat badan yang terbukti ampuh. Berdasarkan sains dan dapat menurunkan berat badan secara alami. Sehingga berat badan ideal dapat tercapai.

cara menurunkan berat badan

Bagian terpenting dalam keberhasilan menurunkan berat badan dengan cepat adalah anda harus benar-benar mengetahui cara kerjanya. Dimulai dengan mempelajari apa yang tubuh anda butuhkan dan apa yang tubuh anda tidak butuhkan. Kemudian mempraktekannya dengan konsisten sampai tuntas.

Memang ada banyak sekali cara menurunkan berat badan yang cepat dan praktis. Tetapi pernahkah anda pikirkan efek sampingnya bagi tubuh anda ?

Biasanya cara menurunkan berat badan yang ekstrim hanya akan membuat anda kelaparan dan sangat menderita. Jika anda tidak mempunyai tekad yang kuat, maka kelaparan yang begitu menyiksa akan membuat anda menyerah ditengah perjuangan anda.

Dan hasil akhirnya sudah pasti gagal ! Cara ekstrim seperti ini bukan yang akan diajarkan di pembahasan ini.

Pada kesempatan kali ini, Galerity akan membahas cara menurunkan berat badan yang benar. Karena berdasarkan sains !

Dengan mempelajari bagaimana tubuh anda bekerja, serta mengerti apa yang tubuh anda butuhkan dan tidak. Maka setelah selesai membaca artikel ini, anda pasti akan memperoleh berat badan yang ideal dengan mudah.

1. Batasi asupan Kalori

cara menurunkan berat badan dengan membatasi kalori

Kalau yang ini secara umum pasti sudah banyak yang mengetahuinya. Tetapi banyak juga yang masih salah persepsi. Orang yang ingin menurunkan berat badan memang harus membatasi asupan Kalorinya, tetapi bukan dihindari secara total.

Sebab tubuh manusia tetap membutuhkan asupan Kalori untuk bahan bakar sel jaringan dan organ-organ tubuh.

Prinsip dasar untuk menurunkan berat badan adalah Kalori yang masuk harus lebih kecil dari Kalori yang keluar.

Sehingga anda perlu memperhatikan dan menghitung berapa jumlah Kalori yang masuk setiap harinya. Caranya yaitu dengan menghitung kandungan Kalori dari setiap makanan yang anda makan dalam satu hari.

Anda juga harus menghitung berapa Kalori yang dibakar atau Kalori yang keluar dari tubuh anda dalam satu hari. Caranya yaitu dengan mengetahui seberapa besar aktivitas fisik harian anda.

Setelah menghitung Kalori masuk dan keluar, barulah anda bisa mengetahui apakah Kalori masuk banding Kalori keluar ditubuh anda itu defisit atau surplus. Dan jika tujuan anda adalah menurunkan berat badan, maka hasilnya harus defisit.

Untuk mengetahui persis berapa besar Kalori yang masuk dan Kalori yang keluar dari tubuh anda. Apakah 1500, 1800, 2000 Kalori atau dalam jumlah lainnya.

Sebaiknya anda juga pelajari lebih dalam tentang :
Apa itu Kalori ?
Bagaimana cara menghitung Kalori yang dibutuhkan tubuh ?

2. Kurangi gula dan pati

makanan yang mengandung gula dan pati

Setelah berhasil membatasi Kalori hingga defisit, yaitu Kalori keluar harus lebih besar dari kalori masuk. Berikutnya adalah memperhatikan sumber Kalorinya. Sumber Kalori atau energi berasal dari makronutrisi. Makronutrisi yaitu karbohidrat, protein, dan lemak.

Jika tujuan anda adalah menurunkan berat badan, kurangilah asupan karbohidrat. Gula dan pati adalah sub kategori dari karbohidrat.

Bahan bakar utama penghasil energi dalam tubuh adalah Karbohidrat. Tujuan mengurangi asupan karbohidrat adalah agar tubuh Anda mulai menggunakan lemak sebagai energi cadangan yang disimpan dalam tubuh.

3. Makan tinggi Protein dan Lemak sehat

diet sehat dengan tinggi protein

Cara menurunkan berat badan yang efektif adalah dengan diet Keto. Diet keto adalah pola makan yang membatasi asupan karbohidrat dan menggantinya dengan makanan yang mengandung tinggi protein dan lemak sehat.

Diet tinggi protein dapat mengurangi keinginan ngemil tengah malam dan juga dapat mengurangi pikiran obsesif tentang makanan.

Pada orang normal konsumsi lemak per hari dibatasi sekitar 20 – 30 % dari total Kalori. Namun jika anda memilih cara menurunkan berat badan dengan diet keto, maka konsumsi lemak akan ditingkatkan menjadi 60 – 70%.

Lemak sehat adalah lemak tak jenuh. Omega-3, Omega-6, dan Omega-9 adalah sub kategori dari lemak tak jenuh.

Contoh makanan yang mengandung lemak sehat adalah buah alpukat.

Alpukat mengandung Omega-9 dan Omega-6. Sedangkan Omega-3 lebih banyak ditemukan pada makanan laut seperti ikan salmon, tuna, mackerel, dll.

Manfaat omega-3
Manfaat omega-6

4. Perhatikan Glikemik Indeks

indeks glikemik

Cara diet sehat untuk mencapai berat badan ideal juga harus memperhatikan Glikemik Indeks.

Indeks Glikemik adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang tersedia pada suatu pangan atau secara sederhana dapat dikatakan sebagai tingkatan atau rangking pangan menurut efeknya terhadap kadar glukosa darah. [1]

Cara menguruskan badan yang benar adalah dengan membatasi asupan karbohidrat dan bukan dihindari sama sekali.

Tubuh kita tetap membutuhkan asupan karbohidrat sekalipun sedang menjalankan program menurunkan berat badan.

Sebab didalam tubuh kita masih terdapat sel-sel yang dibilang primitif. Sebut saja sel neuron di otak. Neuron hanya bisa menggunakan bahan bakar satu macam saja yaitu glukosa. Glukosa adalah molekul penyusun karbohidrat.

Jadi asupan karbohidrat tetap diperlukan dan dalam kaitannya dengan menurunkan berat badan, karena sudah digantikan oleh protein dan lemak sehat. Maka kita hanya perlu menambah sedikit asupan karbohidrat untuk memberi makan sel-sel primitif tersebut.

Namun tidak sembarang karbohidrat kita bisa memakannya. Caranya yaitu dengan memperhatikan Glikemik Indeks.

Kita bisa memilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks saja dan hindarilah karbohidrat sederhana.

Contoh karbohidrat kompleks adalah oatmeal, beras merah, sayur-sayuran dan buah-buahan.
Contoh karbohidrat sederhana adalah gula pasir, permen, sirup, roti putih, dll.

Otak membutuhkan karbohidrat, khususnya glukosa, karena neuron tidak dapat membakar lemak.

Pengertian karbohidrat kompleks, karbohidrat sederhana dan glikemik indeks.

5. Pilih makanan yang berserat tinggi

menurunkan berat badan dengan makanan berserat tinggi

Tahukah anda kalau serat makanan itu sebenarnya masih termasuk kategori karbohidrat ? Gula, pati dan serat makanan adalah sub kategori dari karbohidrat.

Dikatakan demikian karena dalam struktur kimianya memiliki penyusun molekul yang sama yaitu glukosa, fruktosa, galaktosa, maltosa, sukrosa, laktosa. Tetapi yang membedakan serat makanan dengan jenis karbohidrat lainnya adalah serat makanan tidak dapat dicerna sama sekali.

Ikatan molekul glukosa dan molekul lainnya pada serat makanan sangat kuat, sehingga tubuh kita tidak bisa mencernanya sama sekali, karena tidak dapat dicerna berarti tidak akan bisa menghasilkan energi. Dan yang terjadi adalah serat makanan itu hanya lewat saja mulai dari mulut masuk ke lambung kemudian usus hingga akhirnya keluar menjadi kotoran. Tetapi tidak memberikan kalori sama sekali.

Meskipun serat makanan tidak dapat dicerna tubuh, namun kehadirannya dalam tubuh kita sangat dibutuhkan sekali.

Serat makanan berfungsi untuk melancarkan pencernaan.

Serat makanan mengikis dinding saluran pencernaan dan merangsangnya mengeluarkan lendir yang membantu makanan melewati saluran pencernaan dengan lancar.

Memilih makanan yang berserat tinggi adalah salah satu cara menurunkan berat badan yang efektif. Karena lambung kita akan menjadi penuh dengan serat makanan yang dapat memberikan rasa kenyang. Tetapi sebenarnya tidak memberikan asupan Kalori sama sekali.

Contoh makanan berserat : Sayur-sayuran.

6. Tingkatkan aktifitas fisik

aktifitas fisik dapat membakar kalori

Cara cepat menurunkan berat badan adalah dengan meningkatkan aktifitas fisik. Jika aktifitas fisik meningkat maka kalori yang dibakar juga akan meningkat.

Contoh aktifitas fisik ringan namun bisa membantu membakar kalori yaitu kegiatan membersihkan rumah, berjalan kaki, bersepeda, dll.

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga memang bisa dilakukan, seperti diet keto, menghitung defisit kalori, dll. Tetapi dengan meningkatkan aktifitias fisik akan jauh lebih cepat dapat menurunkan berat badan hingga mencapai berat badan ideal yang diinginkan.

7. Cukup Minum air putih

minum air putih

Pastikan selalu minum air putih yang cukup setiap harinya. Mulai dari pagi, siang hingga malam.

Minum air putih adalah cara sederhana untuk menghilangkan rasa haus atau menghilangkan keinginan untuk minum yang manis-manis.

Peran air putih sangat penting untuk menjaga agar cairan dalam tubuh tetap terpenuhi. Terutama ketika tubuh mulai menggunakan lemak sebagai bahan bakar, suplai air putih yang cukup dapat menghindari terjadinya dehidrasi.

8. Tidur nyenyak setiap malam

Tidur nyenyak faktor penting menjaga berat badan

Jangan pernah menyepelekan waktu tidur anda. Karena tidur merupakan faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan dalam menjalankan diet sehat.

Jika anda ingin segera mendapatkan berat badan ideal, pastikan waktu tidur anda selalu cukup dan teratur.

Kualitas tidur yang baik dapat menurunkan risiko terkena resistensi insulin yang berdampak pada penyakit diabetes.

Tidur yang berkualitas adalah tidur yang nyenyak, mendapat waktu yang cukup dan selalu teratur setiap harinya.

9. Minum Teh Hijau

green tea teh hijau dapat menurunkan berat badan

Green tea atau teh hijau dapat membantu anda menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan tingkat metabolisme.

Teh hijau memiliki senyawa kuat yang disebut catechin, senyawa ini mampu mengurangi penyimpanan lemak dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Research in Medical Sciences menunjukan bahwa mengkonsumsi teh hijau secara konsisten dapat meningkatkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan lebih cepat. [2]

Perbedaan Teh

10. Baca Label Informasi nilai gizi

perhatikan informasi nilai gizi untuk menjaga kalori

Label informasi nilai gizi dapat membantu anda menjaga berat badan, karena dari informasi nilai gizi kita bisa mengetahui jumlah Kalori yang terkandung disetiap kemasan makanan.

Yang perlu diperhatikan adalah total kalori yang tercantum dalam kemasan makanan biasanya dihitung per saji, bukan per kemasan.

Cara membaca label informasi gizi

11. Hindari konsumsi alkohol

hindari konsumsi alkohol saat diet

Alkohol dapat menyebabkan kelebihan lemak perut atau perut buncit yang berdampak pada penambahan berat badan.

Hal ini disebabkan karena alkohol memiliki kalori.

Alkohol tidak hanya memiliki kalori, tetapi dapat menyebabkan kecanduan.

Jika anda ingin diet penurunan berat badan anda berhasil, sebaiknya hindari konsumsi alkohol.

12. Gunakan piring yang lebih kecil

piring kecil

Ada cara menurunkan berat badan yang unik yaitu dengan menggunakan piring kecil. Menggunakan piring kecil dapat melatih kita untuk membiasakan makan dengan porsi kecil.

Tubuh kita memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk memberi sinyal ke otak tentang perasaan kenyang. Maka dari itu makanlah menu yang telah direncanakan sebelumnya. Dari segi jumlah kalori, varian makanan, hingga kandungan nutrisi nya sudah diperhitungkan dengan benar.

Sehingga kita dapat berhenti makan sesuai porsi yang sudah diperhitungkan, bukan berhenti karena merasa kenyang saja.

13. Jangan menyimpan makanan cepat saji

hindari makanan junk food

Junk food atau makanan cepat saji memang sangat menggoda dari segi rasa dan tampilan. Jika anda ingin segera mendapatkan berat badan ideal, jangan menyimpan makanan cepat saji dirumah anda, baik di lemari biasa atau kulkas.

Hal ini akan membantu anda untuk tidak tergoda memakannya.

14. Rencanakan menu makanan Anda

membuat menu makanan menu diet sehat

Rencanakan menu diet sehat anda dari jauh hari. Cobalah rencanakan dari sarapan, makan siang, makan malam, dan perhitungkan semua kandungan nutrisinya, termasuk Kalori. Jangan sudah waktunya makan baru mulai memikirkan makanan apa yang sebaiknya dimakan.

Dalam kondisi lapar, anda tidak akan bisa berpikir jernih. Karena itu rencanakan menu makanan anda dari hari sebelumnya, atau dari seminggu sebelumnya jauh lebih baik.

15. Kurangi makanan olahan

makanan olahan

Makanan olahan cenderung menyebabkan orang makan berlebihan. Hal ini dapat menggagalkan rencana diet anda untuk menurunkan berat badan.

Kandungan nutrisinya hanya memiliki sedikit varian, tetapi tinggi Kalori yang berasal dari lemak jahat dan gula sederhana. Selain itu makanan olahan juga mengandung sodium atau natrium yang tinggi.

16. Menghindari minuman yang mengandung Kalori

minuman yang mengandung kalori

Perhatikan juga minuman kemasan atau segala minuman yang manis-manis karena biasanya mengandung tinggi Kalori.

Minuman yang mengandung tinggi Kalori sama sekali bukan cara diet sehat yang benar.

Karena rasa manis dari minuman kemasan itu biasanya berasal dari gula sederhana atau karbohidrat sederhana yang dapat meningkatkan risiko terkena diabetes dan kenaikan berat badan.

17. Makan lebih banyak buah dan sayuran

buah dan sayuran

Buah dan sayur-sayuran mengandung tinggi serat. Dan meskipun buah juga memiliki rasa manis namun memiliki kandungan karbohidrat yang rendah. Dan jenis karbohidratnya adalah karbohidrat kompleks bukan karbohidrat sederhana. Sehingga jauh lebih aman mengkonsumsi buah dari pada makanan olahan atau minuman manis.

Selain itu buah-buahan dan sayuran juga memiliki banyak varian nutrisi. Sehingga dalam sekali makan kita sudah mendapat asupan banyak asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita.

18. Mengkonsumsi whey protein

Mengkonsumsi whey protein

Mengkonsumsi whey protein yang disertai dengan olahraga dapat menurunkan berat badan secara efektif.

Whey protein seperti susu whey biasanya hanya mengandung tinggi protein saja dan tidak ada kandungan nutrisi lainnya.

Orang yang menggunakan susu whey protein dapat meningkatkan massa otot tanpa lemak.

Diet penurunan berat badan dengan menggunakan protein whey yang dikombinasikan dengan olahraga dapat mengurangi lemak tubuh yang dapat membantu menurunkan berat badan.

19. Makan secara perlahan

makan perlahan

Makan secara perlahan dapat membantu menjaga berat badan agar tetap ideal.

Makan dengan kecepatan lebih lambat dapat mengurangi asupan kalori yang bisa membantu menurunkan berat badan.

Diperlukan waktu sekitar 20 menit untuk tubuh kita merespon perasaan kenyang. Otak perlu beberapa saat untuk menyadari bahwa perut sudah kenyang.

Konsumsi makanan secara berlebihan dapat dihindari dengan makan secara perlahan.

20. Latihan Kardio dan pelatihan resistensi

cardio dapat menurunkan berat badan

Cara menguruskan badan yang cepat adalah dengan olahraga. Kardio merupakan cara menurunkan berat badan secara alami karena bisa membakar Kalori dengan cepat.

Latihan Kardiovaskular (Kardio) seperti berlari atau berjalan yang dilakukan secara teratur dapat membakar Kalori dengan cepat.

Kardio membantu tubuh membakar kalori lebih cepat, dan latihan resistensi (angkat beban) membangun massa otot.

Latihan untuk meningkatkan massa otot dapat membantu tubuh membakar lebih banyak kalori saat istirahat.

Latihan Kardio dan latihan resistensi yang dikombinasikan dengan benar dapat menurunkan lebih banyak berat badan dan meningkatkan kesehatan jantung.

Selain berjalan dan berlari, masih ada banyak cara menurunkan berat badan seperti bersepeda, berenang, badminton, mendayung, dll.

Kesimpulan

Berat badan ideal pasti dapat tercapai jika anda mempelajari semua hal yang sudah dijelaskan tadi. Cara menurunkan berat badan yang benar adalah dengan mengetahui bagaimana cara menghitung kalori yang keluar dan masuk. Memperhatikan kandungan nutrisi diet harian anda. Hingga mengerti bagaimana cara membakar kalori yang benar agar bisa menurunkan berat badan lebih cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *