Fungsi DHA bagi tubuh manusia untuk kesehatan

Fungsi DHA adalah untuk mendukung berfungsinya organ-organ tubuh kita terutama kesehatan otak. Karena DHA termasuk jenis omega-3 yang merupakan komponen penting untuk struktur jaringan sel yang sehat.

fungsi dha omega-3

DHA merupakan asam lemak tak jenuh ganda omega-3 dengan rantai terpanjang. Manfaat DHA diantaranya untuk kesehatan otak, kesehatan mata, hingga kesehatan kulit.

Sumber DHA bisa didapat dari makanan ataupun diproduksi oleh tubuh kita sendiri. Hal ini menandakan bahwa peran DHA pada jaringan sel manusia sangat penting.

Berikut ini manfaat dan fungsi DHA bagi tubuh manusia.

1. Mendukung Sistem Saraf

Fungsi DHA di Otak manusia sebagai struktur utama atau kerangka. Otak manusia sangat bergantung pada DHA. Jika kadar DHA di otak rendah, selalu dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit Alzheimer. Ciri khas dari penyakit Alzheimer yaitu ditandai dengan penyusutan otak.

Suplementasi Omega-3 terutama DHA dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer.

Omega-3 juga merupakan faktor yang mempengaruhi neurogenesis. Neurogenesis artinya neuron-neuron baru telah lahir di otak. Neuron baru menggantikan neuron lama yang telah mati.

2. Mendukung kesehatan mata

Asam lemak omega-3 terutama DHA ditemukan di retina dengan konsentrasi yang sangat tinggi. Fungsi DHA pada mata antara lain untuk melindungi mata orang dewasa dari sindrom mata kering.

Omega-3 juga memiliki peran penting untuk perkembangan fungsi retina.

Manfaat DHA pada mata juga berfungsi sebagai pelindung dalam pengobatan glaukoma.

3. Perkembangan Bayi

Bayi yang disusui harus bisa mendapatkan asupan DHA dari ASI ibu. Jika menggantinya dengan susu formula, sebaiknya perhatikan informasi nilai gizinya. Apakah mengandung DHA atau tidak. Jadi perhatikan itu jika Anda berencana memberi susu formula kepada bayi Anda.

Fungsi DHA sangat berguna untuk perkembangan kognitif pada bayi. Penelitian terbaru menemukan bahwa suplemen omega-3 dapat membantu mencegah ADHD. [1]

ADHD adalah gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik anak-anak hingga menyebabkan aktivitas yang tidak lazim dan cenderung berlebihan atau hiperaktif.

4. Meningkatkan memori otak

DHA mampu meningkatkan daya ingat. Peran penting fungsi DHA dapat meningkatkan kognitif otak.

Bagian otak yaitu hippocampus dapat berfungsi lebih baik dengan kehadiran DHA.

Hal ini dapat membantu mencegah penurunan kadar DHA di otak, karena asupan tambahan omega-3 akan diendapkan ke otak.

5. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular adalah penyebab utama kematian di dunia. Hal ini bisa disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

Omega-3 mempunyai sifat yang mampu menurunkan tekanan darah. Karena omega-3 mempunyai sifat ‘mengikis’ pembentukan plak di pembuluh darah terutama arteri yang berfungsi membawa darah dari jantung.

6. Mencegah Jerawat

Sebuah studi kasus yang dilakukan di Korea, mengamati individu yang berjerawat mengkonsumsi makanan yang lebih banyak junk food dari pada minyak ikan. Studi lain di Italia, ditemukan bahwa konsumsi ikan berkorelasi dengan sifat protektif terhadap bentuk jerawat sedang hingga parah. [2]

7. Meningkatkan kekebalan

Sebuah studi pada tikus dilakukan dengan memberi suplemen minyak ikan yang kaya DHA selama lima minggu. Hasilnya tikus yang menggunakan suplemen DHA menunjukkan peningkatan produksi antibodi dan aktivasi sel. [3]

Fungsi DHA disini berperan memiliki efek perlindungan terhadap banyak penyakit kronis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *