Fungsi kreatin pengertian dan manfaat untuk tubuh

Fungsi kreatin pengertian dan manfaat untuk tubuh. Seberapa penting peran kreatin untuk pembentukan badan dan dosis kreatin yang tepat.

fungsi kreatin pengertian dan manfaat

Kreatin adalah senyawa organik yang ditemukan secara alami di sel otot. Fungsi kreatin membantu otot anda untuk menghasilkan energi selama latihan.

Anda bisa gunakan suplemen kreatin untuk meningkatkan kinerja otot selama olah raga. Suplemen kreatin menjadi populer di kalangan atlet karena adanya penelitian yang menunjukan hasil signifikan untuk meningkatkan kekuatan maksimal yang dilakukan selama rangkaian kontraksi otot. [1]

Manfaat kreatin selain untuk tenaga sel otot juga untuk meningkatkan kesehatan otak dan mencegah penyakit neurologis. Kreatin secara alami di produksi sendiri oleh tubuh kita. Untuk lebih mendalami kreatin, simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Kreatin dan suplemen kreatin

Kreatin bukan obat atau steroid tetapi kreatin adalah senyawa organik yang punya banyak peran penting dalam tubuh. Tubuh membutuhkan kreatin untuk metabolisme terutama di otot dan di otak.

Tubuh kita bisa memproduksi kreatin secara alami, jadi tidak makan suplemen kreatin sebenarnya juga tidak apa-apa.

Tetapi akan lebih baik mengkonsumsi suplemen kreatin jika anda sedang dalam latihan intensitas tinggi untuk membentuk massa otot. Karena ada banyak manfaat kreatin yang menguntungkan selama tubuh kita melakukan latihan berat.

Fungsi Kreatin dalam tubuh

95% kreatin tubuh disimpan dalam otot dan sisanya 5% didistribusikan di otak, hati, dan ginjal. [2] Jadi bisa anda bayangkan fungsi kreatin di otot sangat besar perannya.

Secara alami kreatin memang diproduksi oleh tubuh, tetapi akan menjadi kurang optimal saat anda memaksa otot-otot untuk bekerja mengangkat beban dan melakukan latihan berat.

Dengan memberi suplemen kreatin, sel otot anda dengan cepat akan mendapat banyak kreatin untuk memproduksi ATP. ATP adalah satuan energi untuk sel-sel hidup.

Manfaat suplemen Kreatin

Ada banyak manfaat jika anda mengkonsumsi suplemen kreatin. Manfaat kreatin adalah sebagai berikut :

  • Kreatin membantu perbaikan otot dan pertumbuhan otot baru
  • Mengurangi terjadinya pemecahan protein, sehingga massa otot anda tidak mudah berkurang
  • Suplemen kreatin dapat meningkatkan penyimpanan fosfokreatin di otak anda untuk kesehatan otak
  • Mempunyai tenaga lebih untuk mengangkat beban lebih lama
  • Mengangkat hormon anabolik seperti IGF-1
  • Pemulihan otot yang lebih cepat setelah latihan berat

Suplemen kreatin sangat terasa manfaatnya untuk meningkatkan kekuatan dan kinerja latihan. Peran kreatin sangat membantu terutama saat melakukan latihan intensitas tinggi.

Fungsi protein dan hubungannya dengan kreatin

Asam amino adalah penyusun protein. Kreatin diproduksi oleh tubuh menggunakan bahan baku dari asam amino. Jadi tubuh kita bisa memproduksi kreatin asalkan mendapat asam amino yang cukup.

Sumber protein berasal dari makanan seperti telur, daging merah, daging ayam, ikan, susu dan produk olahan.
Ada 20 asam amino penyusun protein. Dari ke 20 asam amino, tiga diantaranya memainkan peran penting dalam pembentukan kreatin tubuh.

Arginine, Glysine, dan Methionine adalah asam amino yang ditemukan dalam otot sebagai kreatin bebas dan fosfokreatin.

Arginine dan Glysine termasuk asam amino non esensial yang artinya tubuh bisa memproduksi dan juga bisa didapat dari sumber makanan. Sedangkan Methionine termasuk asam amino esensial yang tubuh kita tidak bisa memproduksi sendiri sehingga harus didapat dari makanan.

Manfaat Kreatin untuk Otak

Meskipun sebagian besar kreatin tubuh disimpan dalam otot, namun otak anda menyimpan fosfokreatin dan membutuhkan banyak ATP untuk fungsi optimal.

Manfaat kreatin pada otak dapat menurunkan risiko penyakit neurologis.

Kreatin dapat mengurangi gejala dan memperlambat perkembangan beberapa penyakit neurologis, meskipun diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia.

Kreatin juga dapat mengurangi beberapa gejala penyakit Parkinson dengan meningkatkan kekuatan dan fungsi otot.

Parkinson adalah penyakit saraf yang memengaruhi fungsi otak terhadap gerakan tubuh, kesulitan berbicara, dan susah menggerakan tangan.

Meskipun tidak semua penelitian menunjukan efek signifikan, kreatin dapat membantu mengurangi risiko terkena parksinson.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwak kreatin dapat membantu orang dewasa yang lebih tua untuk membantu kognitif pada lansia. Hasil menunjukkan efek signifikan dari suplementasi kreatin yang diberi 5 g empat kali sehari selama 2 minggu. [3]

Manfaat kreatin juga dapat menurunkan kadar gula darah dan membantu mengobati penyakit hati berlemak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *