Fungsi Maltodekstrin dan kegunaan bagi tubuh manusia

Maltodekstrin adalah karbohidrat cepat serap yang digunakan sebagai bahan tambahan pangan dan biasanya dijumpai dalam bentuk serbuk putih. Pati atau amilum adalah bahan pembuat maltodekstrin dengan cara hidrolisis parsial.

fungsi maltodekstrin

US FDA telah memberi label maltodextrin sebagai GRAS (Generally recognized as safe) yang artinya secara umum dianggap aman.

Kegunaan maltodekstrin biasanya dipakai untuk produksi soda dan kembang gula serta suplemen untuk binaragawan atau atlet. Dapat pula dijumpai sebagai bahan campuran berbagai makanan olahan.

Manfaat maltodekstrin bagi tubuh yaitu sebagai bahan bakar dalam bentuk karbohidrat yang mudah dicerna sehingga dapat mensuplai energi yang cukup ke seluruh tubuh untuk memicu sintesis protein.

Fungsi maltodekstrin bagi kesehatan tubuh

Fungsi maltodekstrin sebagai sumber energi untuk mendukung tubuh kita beraktifitas.

Setiap gram maltodekstrin mengandung energi sebesar 4 Kalori. Sama seperti karbohidrat lainnya, tetapi memiliki rasa manis yang lebih rendah jika dibandingkan gula.

Maltodekstrin mudah dicerna dan diserap dengan cepat sebagai glukosa. Sehingga maltodekstrin dapat menjadi energi dan bermanfaat positif terutama untuk orang yang ingin menambah berat badan.

Fungsi maltodekstrin juga bisa digunakan untuk mengentalkan makanan dengan mengikat bahan-bahan tersebut, meningkatkan tekstur, dan dapat meningkatkan umur simpannya.

Efek samping maltodekstrin bagi kesehatan

Hasil penelitian menunjukan adanya efek samping maltodekstrin terhadap risiko kesehatan. Berikut ini beberapa efek samping maltodekstrin jika dikonsumsi berlebihan.

Diabetes

Maltodekstrin memiliki indeks glikemik yang tinggi. Ini berarti dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang drastis.

Sangat tidak disarankan mengkonsumsi makanan yang mengandung maltodekstrin bagi penderita diabetes dan yang sedang diet menurunkan berat badan.

Alergi atau intoleran

Bagi beberapa orang yang tubuhnya alergi atau intoleran Gluten, akan alergi jika maltodekstrin nya berasal dari gandum.

Karena maltodekstrin yang berasal dari gandum kemungkinan masih mengandung beberapa gluten.

Kesimpulan

Ahli nutrisi menganggap maltodekstrin aman untuk dikonsumsi secara umum. Meskipun ada efek samping terutama bagi penderita diabetes.

Kebanyakan orang menggunakan maltodekstrin sebagai zat tambahan makanan buatan untuk meningkatkan tingkat energi dan kinerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *