free counter with statistics Informasi nilai gizi format terbaru yang lebih detail - Galerity

Informasi nilai gizi format terbaru yang lebih detail

Jangan heran jika beberapa kemasan makanan sudah menggunakan label informasi nilai gizi dengan format yang baru. Terutama produk impor. Badan pengawas obat dan makanan US FDA telah menerbitkan aturan baru untuk makanan kemasan.

informasi nilai gizi format baru

Jika sebelumnya anda sudah mengetahui cara membaca informasi nilai gizi dengan format lama, maka format baru akan lebih mudah dibaca.

Mengapa informasi nilai gizi format penulisannya berubah ?

US FDA mempunyai alasan kuat untuk menerbitkan aturan format baru label informasi nilai gizi pada kemasan makanan. Alasan pertama yaitu supaya lebih mudah dibaca. Ukuran angka dan huruf dirancang sedemikian rupa untuk memudahkan kita membaca informasi nilai gizi dengan lebih jelas.

Contohnya penulisan angka total kalori pada format baru ditulis lebih besar dari format lama. Hal ini akan memudahkan pembaca terutama untuk orang yang sedang menjalankan program diet sehat. Orang yang menjalankan diet sehat pasti akan selalu memperhatikan total kalori pada setiap kemasan makanan. Entah itu sedang menaikkan berat badan, menurunkan berat badan atau hanya sekedar pemeliharan kesehatan.

Alasan kedua informasi nilai gizi dirubah ke format baru yaitu supaya bisa memberikan informasi nutrisi yang lebih detail dan akurat. Tetapi ada juga beberapa informasi yang sengaja dihilangkan karena dinilai tidak terlalu penting dan hanya memenuhi tempat saja.

Berikut ini menjelaskan perubahan apa saja yang terdapat di format baru.

1. Total kalori dari lemak akan dihapus
Penelitian menunjukan jenis lemak lebih penting daripada jumlah. Ini artinya yang akan ditampilkan hanya jenis lemaknya saja. Contoh Lemak jenuh 3gr, lemak tak jenuh 2gr. Sedangkan jumlah kalori yang berasal dari lemak tidak ditampilkan lagi pada format baru.

2. Perubahan ukuran pada huruf dan angka
Untuk mempermudah konsumen menerima informasi yang biasa pertama kali dilihat. Biasanya total kalori, servings per container, dan serving size. Maka huruf dan angkanya ditingkatkan lebih besar supaya menjadi jelas.

3. Satuan Vitamin A berubah
Vitamin A tidak lagi menggunakan satuan IU (international units) tetapi menggunakan mcg RAE [1]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *