8 Jamur terbaik untuk meningkatkan sistem imun tubuh

Makan jamur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa jenis jamur mengandung nutrisi dan enzim. Berikut ini 8 Jamur terbaik untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Jamur memiliki sejarah panjang yang secara tradisional sudah digunakan untuk mendukung kesehatan.

Penelitian modern juga menunjukkan bahwa jamur medis menyediakan sumber nutrisi dan senyawa bioaktif yang dikaitkan dengan beberapa efek kesehatan seperti untuk meningkatkan imunitas tubuh.

8 Jamur terbaik untuk meningkatkan sistem imun tubuh

1. Shitake (Lentinula edodes)

Jamur terbaik untuk meningkatkan sistem imun tubuh

Jamur Shitake sangat terkenal di kawasan Asia terutama di Jepang. Jamur Shitake dapat diolah menjadi makanan yang lezat dan bergizi tinggi.

Makanan Shitake ini secara tradisional dapat digunakan untuk mengobati seperti penyakit flu biasa. Percobaan klinis menunjukkan bahwa asupan jamur shitake dikaitkan dengan peningkatan sistem imun tubuh yang signifikan.

Jamur Shitake mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin, mineral, dan kandungan enzim yang diperlukan untuk meningkatkan sistem imun.

2. Maitake (Grifola frondosa)

jamur maitake untuk meningkatkan sistem imun tubuh

Selain untuk kuliner, menyantap jamur Maitake terbukti mampu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh terutama ketika terjadi sindrom kelelahan kronis.

Jamur Maitake dapat meningkatkan aktivitas dan produksi sel-T bagian dari sel darah putih yang berfungsi sebagai imunitas tubuh untuk membunuh patogen.

3. Chaga (Inonotus obliquus)

jamur chaga untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan senyawa polifenol pada jamur Chaga dapat berfungsi sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas. Jamur Chaga memiliki khasiat yang berhubungan dengan efek anti-kanker.

Jamur Chaga merupakan salah satu jamur favorit yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan nutrisi yang melimpah seperti mineral seng juga dapat mengoptimalkan fungsi kekebalan tubuh.

4. Cordyceps (Ophiocordyceps sinensis)

Cordyceps

Terdapat komponen bioaktif dalam cordyceps seperti polisakarida, cordycepin, dan asam cordycepic. Suplementasi dengan ekstrak cordyceps dapat meningkatkan aktivitas sel imun pembunuh alami.

Cordyceps memiliki kemampuan unik untuk pengobatan infeksi berbasis virus, seperti HIV, hepatitis, serta beberapa penyakit lain seperti kanker.

5. Lion’s Mane (Hericium erinaceus)

jamur surai singa untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Lion’s mane mushroom atau dikenal juga sebagai jamur surai singa memiliki manfaat kesehatan terutama untuk otak.

Jamur surai singa sering dijuluki sebagai nutrisi otak karena kemampuannya yang dapat merangsang produksi faktor pertumbuhan saraf.

Dengan makan jamur ini dapat memelihara fungsi neuron di otak kita agar selalu berfungsi dengan baik.

Jamur surai singa atau Lion’s Mane (Hericium erinaceus) juga bermanfaat untuk membantu mengatur sistem kekebalan tubuh yang lebih baik.

6. Oyster (Pleurotus)

jamur oyster untuk memperkuat imunitas tubuh

Oyster atau jamur tiram dapat mengaktifkan sel pembunuh alami yang akan membasmi sel kanker paru-paru dan payudara.

Jamur yang sering dibuat untuk ragam produk makanan ini juga mengandung sejumlah komponen aktif seperti flavonoid dan polisakarida.

Flavonoid berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Kandungan polisakarida pada jamur tiram ini dapat memperlancar sistem pencernaan di usus.

7. Reishi (Ganoderma lingzhi)

jamur reishi untuk menjaga daya tahan tubuh

Jamur Reishi dapat mencegah atau mengobati berbagai penyakit karena jamur ini memiliki sifat anti inflamasi. Jamur ini juga memiliki efek prebiotik yang dapat meningkatkan jumlah bakteri menguntungkan dalam inang.

Sel darah putih terutama Sel-t memainkan peran penting dalam melawan patogen (Virus, bakteri, fungi, protozoa). Mengkonsumsi Jamur Reishi dapat meningkatkan konsentrasi sel darah putih dan hemoglobin dalam pembuluh darah.

8. Turkey Tail (Coriolus versicolor)

jamur ekor kalkun

Turkey Tail atau Jamur ekor kalkun dapat meningkatkan aktivitas sel pembunuh alami untuk melawan berbagai macam virus dan bakteri yang merugikan kesehatan.

Jamur Ekor Kalkun terbukti sangat berkhasiat untuk meningkatkan sistem imun agar tubuh kita tidak mudah sakit.

Mengkonsumsi jamur ini dapat mencegah dan mengobati penyakit flu serta membantu memperlancar pencernaan karena mengandung prebiotik.

Nah, itulah tadi beberapa macam jamur yang dapat anda konsumsi untuk bisa meningkatkan sistem imun tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *