free counter with statistics Jenis gula : Glukosa Fruktosa Galaktosa Maltosa Sukrosa - Galerity

Jenis gula : Glukosa Fruktosa Galaktosa Maltosa Sukrosa

Jenis gula secara umum dapat dilihat dari molekul dan sumbernya. Glukosa fruktosa galaktosa maltosa sukrosa laktosa adalah jenis molekul gula. Sedangkan gula pasir, gula batu, gula cair termasuk jenis yang dikelompokan menurut sumbernya.

Jenis gula : glukosa fruktosa galaktosa maltosa sukrosa laktosa

Sumber Kalori utama berasal dari karbohidrat. Tubuh kita memerlukan bahan bakar untuk bisa menghasilkan energi. Glukosa merupakan molekul gula yang dipakai sel tubuh untuk menghasilkan energi.

Berikut ini pengertian dan perbedaan jenis-jenis gula mulai dari sifat dan sumbernya.

1. Glukosa

Glukosa adalah jenis gula penyusun karbohidrat yang bisa menghasilkan energi. Fungsi glukosa yaitu digunakan sebagai sumber tenaga utama untuk sel tubuh manusia maupun hewan dan tumbuhan.

Besarnya sumber tenaga atau energi yang dihasilkan dapat diukur dengan satuan Kalori. Satu gram karbohidrat dapat menghasilkan energi sebesar 4 Kalori. Karbohidrat yang masuk ke tubuh kemudian di pecah menjadi bagian yang disebut dengan molekul-molekul gula. Diantara molekul gula itu jenisnya glukosa.

Setelah masuk ke saluran pencernaan kemudian glukosa diserap dan langsung masuk ke pembuluh darah. Glukosa diedarkan oleh darah keseluruh tubuh untuk menyuplai bahan bakar kepada organ-organ atau sel yang membutuhkan.

Manfaat glukosa sangat terasa terutama untuk sel otak. Kita tahu bahwa masih ada sumber energi selain karbohidrat yang bisa digunakan seperti lemak dan protein.

Neuron termasuk sel otak yang tergolong primitif karena hanya bisa menggunakan satu jenis bahan bakar saja. Lemak dan protein tidak bisa digunakan otak untuk menghasilkan energi. Hanya glukosa yang digunakan otak sebagai sumber bahan bakarnya.

Sumber glukosa ditemukan pada makanan seperti nasi putih, buah-buahan, biji-bijian, dll.

2. Fruktosa

Fruktosa juga termasuk jenis gula yang banyak ditemukan pada buah-buahan. Sehingga fruktosa sering disebut gula buah. Fruktosa murni rasanya sangat manis, warnanya putih, berbentuk kristal padat, dan sangat mudah larut dalam air.

Perbedaan glukosa dan fruktosa adalah pada fruktosa tidak akan meningkatkan kadar gula darah dan tidak memerlukan insulin. Manfaat fruktosa sangat terasa bagi penderita diabetes Karena fruktosa tidak meningkatkan gula darah.

Fungsi fruktosa juga digunakan sebagai sumber energi dengan melalui proses yang berbeda dari glukosa.

Fruktosa tidak bisa langsung digunakan menjadi sumber energi. Karena yang bisa dipakai sel tubuh untuk bahan bakar hanya glukosa.

Oleh karena itu Fruktosa akan masuk ke organ hati terlebih dahulu untuk dikonversi menjadi glukosa. Organ hati atau liver hanya akan mengedarkan glukosa sesuai kebutuhan saja. Sedangkan selebihnya akan disimpan menjadi glikogen.

Sumber fruktosa dapat ditemumkan pada buah-buahan seperti apel, mangga, semangka, pisang, dll. Buah juga mengandung karbohidrat lain tetapi umumnya didominasi fruktosa.

3. Galaktosa

Jenis gula berikutnya yaitu galaktosa yang juga tergolong dalam monosakarida. Galaktosa merupakan salah satu monomer pembentuk laktosa.

Fungsi galaktosa dalam tubuh yaitu untuk bahan bakar sumber energi. Meskipun energi utama yang dipakai adalah glukosa.

Galaktosa dalam tubuh akan di konversi dengan cepat menjadi glukosa yang kemudian digunakan sebagai bahan bakar metabolisme utama bagi manusia.

Manfaat galaktosa dari beberapa penelitian menunjukkan peran dalam pengobatan penyakit Glomerulosclerosis. [1]

Glomerulosclerosis adalah pengerasan glomeruli di ginjal. Ini adalah istilah umum untuk menggambarkan jaringan parut pembuluh darah kecil ginjal, glomeruli, unit fungsional dalam ginjal yang menyaring urea dari darah.

Sumber galaktosa dapat ditemukan pada susu.

4. Maltosa

Maltosa merupakan jenis gula disakarida. Sakarida adalah kata yang berasal dari bahasa yunani. Sakarida artinya gula. Disakarida artinya dua gula atau dua molekul gula yang menyatu.

Dua molekul glukosa yang bergabung disebut maltosa. Jenis gula ini terbentuk melalui proses pemecahan pati oleh enzim amilase.

Sumber maltosa dapat ditemukan dalam biji berkecambah seperti gandum. Maltosa juga digunakan untuk permen karena memiliki rasa yang manis.

5. Sukrosa

Sukrosa adalah jenis gula hasil kombinasi dari glukosa dan fruktosa. Sukrosa dibentuk oleh tumbuhan dan bukan organisme lain seperti hewan.

Didalam lambung tubuh kita, sukrosa akan dicerna dengan cara memecahnya menjadi glukosa dan fruktosa.

Sumber sukrosa antara lain gula pasir atau yang disebut juga gula tebu atau gula dapur.

6. Laktosa

Laktosa adalah jenis gula hasil kombinasi dari molekul glukosa dan galaktosa.

Untuk mencerna Laktosa dalam tubuh diperlukan enzim laktase. Enzim laktase berperan untuk memecah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa yang nantinya digunakan untuk menghasilkan energi.

Orang yang jarang minum susu atau karena faktor usia akan mengalami penurunan produksi enzim laktase. Akibatnya tubuh tidak lagi mampu mencerna laktosa. Kondisi ini sering disebut dengan intoleransi laktosa.

Sumber laktosa ditemukan pada susu sejak tahun 1619 oleh Fabriccio Bartoletti. [2] Tingginya kadar laktosa pada susu dapat berbeda-beda tergantung dari produsennya.

Ringkasan Tentang Jenis-jenis gula

Kita telah membahas pengertian dan perbedaan jenis-jenis gula. Glukosa adalah molekul yang diperlukan tubuh untuk sumber energi. Sedangkan jenis gula lainnya akan dikonversi oleh tubuh menjadi glukosa terlebih dahulu.

Meskipun tubuh kita sangat memerlukan glukosa, perhatikan juga perbedaan karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana.

Pelajari juga pengertian dan hubungan antara gula, karbohidrat, pati dan serat.

Mengenal karakter dan fungsi karbohidrat serta hubungannya dengan gula, pati dan serat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *