free counter with statistics Makanan yang mengandung DHA Omega-3 terbaik - Galerity

Makanan yang mengandung DHA Omega-3 terbaik

Omega-3 terbaik adalah DHA dan bukan ALA ataupun EPA. Karena DHA merupakan wujud omega-3 yang sudah siap pakai. Berikut ini makanan yang mengandung DHA yang bisa ditemukan pada makanan sehari-hari.

Yang pertama yaitu makanan yang berasal dari laut. Ikan salmon, sarden, teri, tuna, mackerel mengandung omega-3 yang tinggi dan yang pasti mengandung DHA.

Jika anda jarang makan ikan laut, masih ada pilihan lain. Tetapi belum tentu semua makanan yang mengandung omega-3 juga mengandung DHA.

Kita akan membahas makanan yang mengandung DHA pada makanan sehari-hari.

1. Telur

makanan yang mengandung dha

Putih telur dan Kuning telur sama-sama mengandung protein. Tetapi anda tidak akan mendapatkan asupan omega-3 jika yang dimakan hanya putih telurnya saja.

Kuning telur termasuk makanan yang mengandung DHA. Satu butir kuning telur mengandung DHA sekitar 19mg. Meskipun hanya sedikit tetapi bisa dijadikan sumber tambahan. Belum lagi kandungan nutrisi lain pada kuning telur yang terbilang cukup lengkap.

Kandungan DHA pada kuning telur bisa kita anggap sebagai pelengkap saja. Karena seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa kandungan DHA yang tinggi biasanya terdapat di ikan laut.

2. Minyak nabati

Minyak nabati adalah minyak yang diekstrak dari tanaman dan biji-bijian. Memang benar minyak nabati termasuk makanan yang mengandung omega-3 super tinggi. Bahkan lebih tinggi dari makanan laut.

Tetapi yang tidak banyak orang ketahui adalah minyak nabati tidak mengandung DHA sama sekali, hanya mengandung omega-3 selain DHA.

Contohnya minyak kedelai, minyak nabati ini memang mengandung omega-3 yang tinggi. Tetapi jenis nya hanya ALA (Alpha linolenic acid) sedangkan DHA nya tidak ada sama sekali.

Ini berlaku juga untuk flaxseed oil atau minyak biji rami dan minyak kanola. Mereka tidak mengandung DHA sama sekali.

3. Susu

Makanan yang mengandung DHA berikutnya adalah susu. Biasanya susu formula, tetapi tergantung dari merk. Bisa dilihat dari informasi nilai gizi pada kemasan.

Selain susu formula sudah pasti sumbernya dari air susu ibu atau ASI.

Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ASI, memiliki banyak manfaat kesehatan bagi ibu dan bayi.

Rata-rata ASI di seluruh dunia memiliki kadar DHA 0,32% dari total asam lemak. [1] [2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *