20 Makanan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ini dia 20 makanan terbaik yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk bisa meningkatkan sistem imun tubuh kita perlu memilih makanan yang bergizi tinggi.

20 makanan terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh versi galerity

Menjaga daya tahan tubuh menjadi penting untuk diperhatikan terutama saat datangnya musim dingin atau bahkan saat sedang terjadi pandemi.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tinggi merupakan cara terbaik untuk meningkatkan sistem imun.

1. Brokoli

Brokoli Makanan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Brokoli mengandung banyak vitamin dan mineral. Kandungan vitamin C pada sayuran ini sudah dapat memenuhi angka kecukupan gizi harian anda.

Hal yang harus anda perhatikan adalah cara mengolah sayur ini dengan benar. Jika direbus sebaiknya jangan terlalu lama sebab kandungan vitamin C yang ada pada brokoli akan larut kedalam rebusan air.

Baca juga : Brokoli ternyata sangat ampuh untuk nutrisi otak

2. Paprika Merah

Paprika Merah

Paprika merah termasuk makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sayuran yang biasanya tidak disukai anak-anak ini ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Paprika Merah mengandung Vitamin C dan Vitamin A yang sangat tinggi. Bahkan kandungan vitamin C pada paprika merah bisa lebih banyak dari jeruk.

3. Buncis

buncis Makanan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jika anda sering makan buncis maka bisa dipastikan tubuh anda selalu mendapat asupan vitamin C, vitamin A dan sedikit protein.

Makanan sejenis polong-polongan ini dapat mempengaruhi respons imun agar dapat berfungsi dengan baik.

4. Bawang putih

bawang putih

Aroma yang sedap ketika dimasak menjadikan makanan ini mempunyai daya tarik sendiri. Bawang putih memang telah dikenal sebagai bumbu masak yang paling sering digunakan.

Bawang putih merupakan makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini terbukti dengan mengkonsumsi 3 siung bawang putih dapat membantu menyembuhkan pilek.

5. Bayam

bayam Makanan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selain harganya yang murah dan mudah didapat, bayam juga mempunyai banyak kandungan nutrisi yang dapat meningkatkan imun tubuh.

Jika anda pernah melihat Kartun Popeye si pelaut, tokoh utama ini sangat suka makan bayam dan menjadi kuat. Hal ini bisa dibilang benar adanya.

Namun di dunia nyata yang kuat bukan tenaganya untuk melawan penjahat, melainkan sistem imun tubuh yang menjadi kuat.

Kartun Popeye merupakan bagian dari kampanye makan sayur di Amerika untuk kalangan anak-anak. Sebab bayam mengandung nutrisi tinggi seperti Vitamin A, vitamin C, dan Vitamin K yang dapat meningkatkan kemampuan imunitas tubuh.

6. Jamur

Jamur terbaik untuk meningkatkan sistem imun tubuh

Jamur merupakan makanan yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berbagai kandungan nutrisi jamur sangat diperlukan untuk bahan bakar fungsi tubuh kita.

Kemampuan meningkatkan imun tubuh pada jamur sangat disebabkan oleh tingginya tingkat polisakarida terutama kandungan beta glucan.

Ada banyak macam jamur yang bisa anda makan untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Contohnya Jamur Shitake makanan yang sangat terkenal di Jepang ini mengandung berbagai vitamin, mineral, dan enzim yang diperlukan tubuh kita.

Kandungan enzim yang dimiliki jamur Shitake dapat menghasilkan penyerapan makanan kita yang lebih baik. Selain itu masih ada jamur Reishi, jamur Chaga, jamur maitake, dan jamur-jamur lainnya yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh dengan sangat baik.

Baca juga : 8 Jamur terbaik untuk meningkatkan sistem imun tubuh

7. Stroberi / Strawberry

strawberry

Stroberi atau Strawberry merupakan buah yang sangat ampuh sekali untuk meningkatkan imun tubuh biar tidak gampang sakit.

Stroberi mengandung Vitamin C yang sangat tinggi, bahkan melebihi blueberry dan blackberry. Kandungan Vitamin C yang dimiliki stroberi mampu mendukung kinerja sistem saraf pusat dan dapat mengurangi peradangan.

Selain vitamin C, pada buah stroberi juga ditemukan kandungan anthocyanidins yang bermanfaat untuk antioksidan dan bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat.

Baca juga : Daftar makanan sehat untuk nutrisi otak

8. Biji bunga matahari

biji bunga matahari

Biji bunga matahari mengandung vitamin E yang tinggi dan dapat berfungsi sebagai sumber antioksidan. Makanan yang sering kita sebut dengan Kuaci ini selain rasanya yang gurih juga dapat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain Vitamin E, biji bunga matahari juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti Vitamin B kompleks. Serta kandungan asam lemak tak jenuh seperti Omega 3 dan omega 6 yang dimiliki Biji bunga matahari juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Baca juga : Manfaat Omega 3 untuk kesehatan tubuh manusia

9. Yogurt

yogurt

Yogurt sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi sebagai makanan sehat. Makanan yang mengandung bakteri baik ini bisa menjadi sumber probiotik untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Mengkonsumsi Yogurt juga dapat menyehatkan usus dan memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh. Tekstur yang lembut pada Yogurt juga dapat dicampur dengan makanan bergizi lainnya seperti buah pisang dan stroberi.

10. Jeruk

jeruk sumber Makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jeruk merupakan buah yang sangat manjur untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan Vitamin C yang tinggi pada buah jeruk dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang berguna untuk memerangi infeksi.

Kandungan nutrisi yang ada pada buah jeruk seperti kalium, kalsium, folat, hingga serat dapat membantu menjaga kesehatan jantung anda dan mengoptimalkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Makanan yang biasa dihidangkan sebagai pencuci mulut atau camilan ini juga berguna untuk menyembuhkan radang tenggorokan.

11. Jahe

jahe

Jahe sangat enak dijadikan minuman hangat yang dapat membuat tubuh kita menjadi lebih nyaman. Jahe dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan banyak cara.

Ada banyak manfaat kesehatan jika kita mengkonsumsi minuman jahe yang diantaranya berfungsi sebagai anti inflamasi dan antioksidan yang kuat.

Karena efek anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat inilah sehingga jahe dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan sangat efektif.

12. Blackberry

blackberry untuk nutrisi otak dan kekebalan tubuh

Buah yang satu ini mengandung vitamin C, vitamin K, serat pangan, dan mangan yang dapat meningkatkan respon imun tubuh supaya lebih kebal terhadap serangan penyakit.

Blackberry juga dapat menjadi nutrisi otak yang sangat baik. Kandungan Flavonoid dan nutrisi yang tinggi pada buah blackberry mampu meningkatkan sistem imun tubuh secara efektif.

13. Blueberry

blueberry untuk nutrisi otak dan meningkatkan kekebalan tubuh

Bentuknya yang kecil-kecil namun mempunyai khasiat yang sangat tinggi untuk kesehatan. Blueberry telah menjadi makanan populer khususnya di negeri barat sebagai nutrisi otak yang sangat ampuh untuk mencegah terjadinya pikun.

Blueberry juga mengandung senyawa anthocyanidins yang sangat tinggi dan berguna untuk melindungi sel-sel tubuh kita dari serangan radikal bebas.

Buah ini memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan tubuh, memilih blueberry sebagai menu diet sehat anda dapat dapat menjaga daya tahan tubuh supaya tetap kuat.

14. Semangka

semangka merah untuk meningkatkan sistem imun

Buah yang sangat enak ini terutama dimakan saat datangnya musim panas selain dapat menghilangkan rasa dahaga pada tenggorokan juga memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Semangka mengandung Vitamin A dan Vitamin C yang dapat menguatkan imun tubuh. Warna merah pada semangka menandakan adanya kandungan senyawa Likopen (Lycopene) yang fungsinya sangat ampuh melawan radikal bebas.

Senyawa Likopen pada buah semangka dapat mengusir berbagai penyakit seperti kanker prostat dan penyakit kardiovaskular.

15. Susu

susu

Susu mengandung nutrisi yang sangat lengkap dan sangat efektif untuk menjaga daya tahan tubuh kita agar tidak mudah sakit.

Baik itu susu UHT, susu whey, susu weight gainer, maupun susu produk lain pasti sudah mengandung nutrisi yang terbilang cukup lengkap. Terutama kandungan protein yang sangat dibutuhkan tubuh kita sebagai makro nutrisi penting.

Kandungan Asam amino yang ada pada susu sangat penting untuk menjamin kelancaran metabolisme tubuh. Minum susu juga bermanfaat sebagai nutrisi pelengkap jika seandainya nutrisi yang kita dapat dari menu makanan harian masih kurang jumlahnya.

16. Wortel

wortel

Makanan yang terkenal akan kandungan provitamin A ini sangat efektif untuk memperkuat sistem imun kita.

Wortel mengandung karotenoid yang sangat tinggi terutama jenis beta karoten yang berfungsi untuk menyehatkan mata serta antioksidan yang sangat tinggi.

Baca juga : Perbedaan vitamin A dengan provitamin A

Wortel juga dapat diolah sesuai selera kita masing-masing dengan sangat mudah. Kita bisa mengolahnya menjadi jus wortel yang sangat lezat untuk diminum atau bisa juga dicampur kedalam sup makanan harian kita.

17. Ubi

ubi Makanan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Murah, enak, dan bergizi tinggi itulah ubi salah satu makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sangat disayangkan jika masih ada yang beranggapan bahwa ubi adalah makanan orang kampung yang harus dihindari hanya karena masalah gengsi ?

Jika ada orang seperti itu sudah pasti dialah orang bodoh yang miskin ilmu dunia nutrisi.

Ubi mengandung nutrisi yang super-super tinggi. Memang ada beberapa varian ubi dengan warna yang berbeda serta rasa dan kandungan nutrisi nya juga sedikit berbeda.

Namun secara keseluruhan masih tergolong makanan yang bergizi tinggi.

Contohnya ubi yang berwarna oranye, ubi jenis ini mengandung beta karoten yang sangat tinggi. Bahkan kadarnya bisa lebih tinggi dari wortel.

Perbandingan kandungan beta karoten ubi versus wortel

Pada gambar diatas bisa dilihat perbandingan kandungan beta karoten yang dimiliki Ubi versus Wortel dalam seratus gram. Ubi jelas memiliki kandungan beta karoten yang lebih banyak dari pada wortel.

Beta karoten berfungsi sebagai provitamin A dan antioksidan yang sangat ampuh terutama di daerah lemak dalam tubuh anda.

Baca juga : Fungsi dan manfaat Vitamin A bagi kesehatan tubuh

18. Mangga

mangga

Mangga bisa menjadi sumber nutrisi yang baik untuk menguatkan kekebalan tubuh. Setiap 165 gram mangga setidaknya mengandung 10% dari kebutuhan vitamin A harian Anda.

Vitamin A sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat, karena dapat membantu melawan infeksi. Rasanya yang manis menjadikan buah ini bisa diolah menjadi jus buah yang segar.

Anda sama sekali tidak perlu khawatir terhadap rasa manis yang ada pada mangga karena nilai indeks glikemik buah ini hanya sekitar 51 saja.

Seperti kita ketahui bahwa makanan yang memiliki nilai indeks glikemik dibawah 70 masih dianggap rendah.

Baca juga : Pengertian indeks glikemik beserta daftar makanannya

19. Salmon

salmon

Salmon mengandung Omega-3 yang tinggi dan mampu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap terkendali. Seperti diketahui bahwa omega 3 merupakan nutrisi penting golongan dari asam lemak tak jenuh ganda yang sangat dibutuhkan tubuh.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa omega-3 dapat melindungi terhadap gangguan autoimun seperti penyakit radang usus kronis dan radang sendi.

Baca juga : Sumber omega-3 terbaik untuk nutrisi harian

20. Kunyit

kunyit makanan penguat sistem imun

Kunyit mengandung bahan aktif yang terkenal dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang tinggi. Kunyit juga dapat memelihara sistem pencernaan dengan baik.

Tidak heran jika kunyit sering digunakan sebagai jamu yang sangat manjur sebagai penguat imun tubuh. Terutama sangat berguna sekali selama datangnya musim flu untuk membantu menguatkan daya tahan tubuh supaya tidak mudah tertular penyakit musiman ini.

Nah, itulah tadi 20 Makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Supaya tubuh kita selalu sehat, kita memang harus menjaga sistem imun dengan cara memberi asupan nutrisi dan senyawa antioksidan yang cukup setiap harinya.

Selain makanan bergizi, pola hidup sehat seperti olahraga dan tidur yang cukup juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara efektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *