free counter with statistics Mengenal peran antioksidan bagi tubuh kita - Galerity

Mengenal peran antioksidan bagi tubuh kita

antioksidan

Antioksidan adalah molekul yang mampu memperlambat atau mencegah terjadinya oksidasi molekul lain. Antioksidan bermanfaat bagi tubuh kita untuk mencegah radikal bebas yang dapat merusak sel.

Kondisi oksidasi dapat menyebabkan kerusakan protein, DNA, kanker, penuaan, dan penyakit lainnya. Dengan adanya molekul antioksidan yang bisa kita dapat dari makanan, bisa mencegah terjadinya oksidasi / mencegah reaksi berantai.

Sumber molekulnya bisa kita dapat dari banyak jenis. Yang pertama adalah dari Vitamin. Seperti kita ketahui Vitamin termasuk mikro nutrisi yang punya banyak fungsi dalam tubuh kita. Diantara jenis vitamin itu, ada juga yang bisa berfungsi menjadi antioksidan, contohnya vitamin C dan Vitamin E.

Jenis molekul antioksidan yang kedua adalah polifenol (Polyphenols). Polifenol banyak ditemukan di buah-buahan dan sayuran. Polifenol ini dibedakan dari nutrisi. Jika dalam nutrisi kita mengenal 5 komponen penting yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral. Sedangkan polifenol termasuk dalam kategori fitokimia.

Perbedaan Nutrisi dan Fitokimia

Jika dijelaskan secara sederhana, 5 jenis nutrisi itu dapat dikatakan sebagai kebutuhan pokok. Yang artinya sudah jelas terbukti bahwa tubuh kita membutuhkannya dan jika sampai kekurangan salah satu asupan nutrisi tersebut, tubuh kita akan mengalami gangguan metabolisme.

Sedangkan Fitokimia boleh dibilang termasuk kebutuhan sekunder. Yang artinya jika kita tidak mengkonsumsi nya sama sekali, tubuh kita tetap akan baik-baik saja. Fitokimia atau disebut juga fitonutrien, biasanya ditemukan pada tumbuhan yang tidak dibutuhkan untuk fungsi normal tubuh, tetapi direkomendasikan untuk dikonsumsi karena memiliki efek yang menguntungkan bagi kesehatan.

Fitokimia jenis nya ada banyak sekali, ada yang bermanfaat bagi tubuh kita, ada yang merugikan bagi tubuh kita dan ada juga yang status nya masih misteri / masih diteliti lebih dalam lagi sampai sekarang.

Dan salah satu fitokimia yang kita bahas sekarang adalah polifenol / polyphenols, yang bisa bermanfaat bagi tubuh kita, karena fungsinya sebagai molekul antioksidan penangkal radikal bebas.

Jenis-jenis polifenol (polyphenols)

Polifenol dikategorikan menjadi beberapa bagian lagi, yaitu Flavonoids, Stilbenes, Lignans, Phenolic acids.

Flavonoids

Flavonoids mempunyai sifat antioksdian dan anti inflamasi, sumbernya dapat ditemukan dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, anggur merah, teh hijau.

Stilbenes

Ditemukan di anggur merah dan kacang tanah.

Lignans

Ditemukan dalam biji rami, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran tertentu.

Phenolic acids / asam fenolat

Ditemukan di teh, kopi, kayu manis, blueberry, kiwi, apel , ceri.

Peran polifenol bagi tubuh manusia

Polifenol mempunyai banyak manfaat bagi tubuh kita, seperti :

– Memerangi sel kanker dan menghambat angiogenesis10 (pertumbuhan pembuluh darah yang memberi makan tumor)

– Melindungi kulit Anda dari radiasi ultraviolet

– Melawan radikal bebas, memperlambat penuaan

– Mendukung kesehatan otak, dan melindungi terhadap demensia

– Mengurangi peradangan

– Melindungi sistem kardiovaskular Anda

Contoh buah yang mengandung polifenol tinggi ada pada jenis beri-berian, seperti blueberry, blackberry, strawberry.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *