free counter with statistics Minyak ikan yang bagus ciri-cirinya seperti apa ? - Galerity

Minyak ikan yang bagus ciri-cirinya seperti apa ?

Cara membedakan merk minyak ikan yang bagus dan jelek. Jika anda sedang mencari suplemen minyak ikan yang bagus perhatikan hal-hal berikut ini.

Ciri-ciri Minyak ikan yang bagus

1. Perhatikan label informasi nilai gizi

minyak ikan yang bagus informasi nilai gizi

Suplemen minyak ikan yang bagus pasti mencantumkan kandungan omega-3 yang lengkap dengan rincian EPA dan DHA yang detail.

Label informasi nilai gizi atau supplement facts wajib ada pada kemasan suplemen minyak ikan. Karena menjadi faktor penting untuk informasi ke konsumen sebelum membeli.

Biasanya merk suplemen minyak ikan yang jelek hanya menulis keterangan seperti : “Mengandung kaya akan omega-3” atau “Mengandung EPA dan DHA“. Tetapi label informasi nilai gizi / supplement facts nya tidak ada.

Jika anda menjumpai merk suplemen minyak ikan yang tidak mencantumkan label informasi nilai gizi, sebaiknya dihindari. Karena kita tidak tahu berapa miligram kandungan omega-3 per sajiannya.

Sebelumnya telah dibahas tentang rekomendasi dosis omega-3 yang tepat per harinya.

Jika dikemasan hanya ditulis “mengandung omega-3” tanpa diberi keterangan lebih detail, kita jadi tidak bisa menghitung asupan omega-3 yang masuk untuk diet sehat kita.

Jika anda juga menemukan merk suplemen minyak ikan yang sudah mencantumkan kandungan omega-3, tetapi kandungan EPA dan DHA nya tidak disebutkan. Sebaiknya juga dihindari. Karena wujud omega-3 bukan hanya EPA dan DHA saja. Tetapi ALA juga termasuk omega-3.

Perbedaan ALA EPA DHA pada omega-3

Tujuan kita membeli suplemen minyak ikan adalah untuk mendapatkan kandungan EPA dan DHA.

Jika suplemen minyak ikan yang kita beli ternyata hanya mengandung ALA saja maka akan menjadi sia-sia (buang-buang uang).

Sebab ALA banyak ditemukan pada makanan harian. Sedangkan EPA dan DHA sedikit ditemukan pada makanan harian.

Terlebih bagi orang yang jarang makan ikan, maka dipastikan kekurangan asupan EPA dan DHA. Karena itulah kita membutuhkan suplemen minyak ikan untuk melengkapi nutrisi harian.

2. Pastikan kemurnian minyak ikan terjamin

minyak ikan yang bagus dari kemurnian

Minyak ikan yang bagus harus bebas dari racun dan kontaminasi lingkungan.

Produk ikan telah terbukti mengandung berbagai jenis logam berat, terutama mercury dan polutan yang larut dalam lemak dari polusi air.

Sumber minyak ikan seperti salmon, teri, kod, atau ikan lainnya, juga mengandung logam berat yang sifatnya racun bagi tubuh manusia.

Ikan menyerap mercury dari air tawar atau laut ketika melewati insang mereka. Dan akan terakumulasi ketika ikan predator memakan ikan yang lebih kecil.

Kadar mercury dapat terakumulasi karena mercury dalam ikan kecil telah diserap oleh ikan yang lebih besar.

Suplemen minyak ikan yang bagus diproses dengan tingkat kemurnian yang tinggi. Sehingga kandungan logam dan racun lainnya bisa ditekan serendah mungkin dalam proses pemurnian.

Merk minyak ikan yang bagus memiliki standar yang jauh lebih tinggi dari minyak ikan biasa. Cara termudah membedakannya adalah dengan melihat sertifikat analisis dari laboratorium pihak ketiga.

3. Mendapat sertifikat dari laboratorium pihak ketiga

minyak ikan yang bagus laboratorium pihak ketiga

Setiap produsen pasti mengklaim bahwa minyak ikan terbaik adalah produknya sendiri.

Kita sebagai konsumen yang cerdas harus bisa membedakan minyak ikan yang bagus dan jelek dengan bantuan test pihak ketiga.

Berikut ini adalah laboratorium pihak ketiga yang sudah memiliki kredibilitas :

United States Pharmacopeia (USP)

usp

Organisasi ini menetapkan standar untuk obat-obatan, suplemen makanan, dan bahan makanan tertentu. Produk dengan label “USP Verified” telah terbukti memenuhi standar yang tinggi.

Situs resmi : www.usp.org

National Sanitation Foundation (NSF)

nsf

Organisasi terakreditasi dan independen yang didirikan pada tahun 1944. NSF menguji dan mensertifikasi produk yang membantu melindungi standar kesehatan masyarakat dan lingkungan dunia.

Situs resmi : www.nsf.org

Labdoor

labdoor

Labdoor adalah perusahaan medis swasta yang terdaftar di San Francisco, CA, didirikan pada Mei 2012 oleh Neil Thanedar. Ini memberikan informasi tentang suplemen makanan, yang tidak memerlukan pengujian oleh FDA di Amerika Serikat.

Labdoor secara khusus menguji suplemen makanan, dan memberikan hasil berupa nilai numerik.

Situs resmi : https://labdoor.com/

International Fish Oil Standards (IFOS)

ifos

IFOS adalah program pengujian dan sertifikasi pihak ketiga untuk minyak ikan.

IFOS menguji produk berdasarkan lot, menggunakan analisis langsung, untuk kandungan bahan aktif, kontaminan dan kesegaran.

Tujuan IFOS adalah menyediakan cara yang mudah dan transparan kepada konsumen untuk membandingkan produk minyak ikan sebelum mereka membeli.

Situs resmi : consumer.nutrasource.ca/ifos

AOAC INTERNATIONAL

aoac

AOAC INTERNATIONAL adalah organisasi pengembangan standar konsensus sukarela yang diakui secara global, pihak ketiga.

Didirikan pada tahun 1884. AOAC INTERNATIONAL adalah forum untuk menemukan solusi berbasis sains yang tepat melalui pengembangan standar mikrobiologis dan kimia. Standar AOAC digunakan secara global untuk mempromosikan perdagangan dan untuk memfasilitasi kesehatan dan keselamatan masyarakat.

Situs resmi : www.aoac.org

American Oil Chemists Society (AOCS)

aocs

AOCS memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi minyak, lemak, protein, surfaktan, dan bahan terkait, yang memperkaya kehidupan orang di mana pun.

Situs resmi : www.aocs.org

United Stated Environmental Protection Agency (USEPA)

usepa

USEPA adalah agen independen dari pemerintah federal Amerika Serikat untuk perlindungan lingkungan.

Situs resmi : www.epa.gov


Itu tadi adalah nama-nama laboratorium pihak ketiga yang bisa merekomendasikan minyak ikan terbaik untuk anda.

Merk suplemen minyak ikan yang bagus tidak harus memiliki semua sertifikat dari yang sudah disebutkan diatas.

Tetapi usahakan minimal ada satu dari organisasi pihak ketiga yang memberikan sertifikat kelulusan uji coba.

Semakin banyak sertifikat yang didapat dari organisasi pihak ketiga, maka sudah pasti merk minyak ikan itu berkualitas tinggi.

4. Tidak menyebabkan sendawa ikan

minyak ikan yang bagus tidak sendawa

Pastinya anda pernah merasakan sendawa setelah meminum air soda. Baunya tentu tidak begitu dipermasalahkan, karena mencium bau gas yang keluar dari mulut sendiri akibat soda tidak begitu terasa baunya.

Tetapi bagaimana dengan bau sendawa akibat minyak ikan ?

Bagi anda yang pernah merasakan sendawa akibat minyak ikan, tentu bau nya sangat mengganggu bukan ?

Baunya sangat amis dan ada juga yang merasa kepala pusing beberapa detik setelah sendawa akibat bau yang luar biasa amis.

Minyak ikan yang bagus tidak akan menyebabkan sendawa.

Walaupun terkadang tetap terjadi sedikit sendawa, tetapi jika dibandingkan dengan minyak ikan yang biasa, gas yang dikeluarkan jauh lebih sedikit dan hampir tidak terasa. Sehingga gas amis yang keluar dari mulut bukan masalah besar lagi.

5. Jangan tergiur dengan harga murah

minyak ikan yang bagus dari harga

Harga jangan dijadikan patokan utama. Karena faktor kualitas jauh lebih penting dan yang mempengaruhi kesehatan tubuh kita secara langsung.

Ada banyak sekali merk minyak ikan yang beredar di pasaran. Harganya juga bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Jika kita bisa menemukan kualitas tinggi dengan harga murah, tentu itu suatu hal yang baik.

Tetapi sayangnya jarang terjadi.

Orang sering mengatakan ada harga ada rupa. Dan ternyata itu benar adanya !

Karena pada umumnya barang yang berkualitas, proses pembuatannya tidak mudah.

Untuk membantu menemukan minyak ikan yang bagus sesuai selera anda, Galerity.com telah mereview beberapa merk minyak ikan yang dapat dijadikan pertimbangan anda sebelum membeli.

Reviewnya dapat anda baca disini : Review minyak ikan berdasarkan pengalaman sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *