Paket J&T Belum Diterima tapi Status Delivered (Sudah Diterima)

Bagaimana jika paket kiriman J&T belum diterima, tapi begitu dicek resinya, keterangannya delivered atau sudah diterima, dan penerimanya itu orang lain yang tak dikenal? Apa yang harus dilakukan? Apakah paket nyasar ke orang lain? Apakah kurir J&T salah kirim?

Jika Anda memesan barang lewat online, kemudian pengiriman via J&T, selang beberapa hari kemudian, Anda cek status paket dengan menggunakan resi, baik itu cek lewat web maupun aplikasi J&T, begitu dicek, status barang sudah diterima, sudah terkirim, atau yang sejenisnya, tapi Anda tidak merasa menerima paket tersebut, Anda tidak sendiri. Banyak kejadian seperti itu, barang belum sampai, tapi statusnya sudah delivered.

Kalau nama penerimanya adalah orang yang dikenal, entah itu saudara atau tetangga, siapa tahun pas kurir kirim barang, kita sedang tidak di rumah. Nah, yang bikin bingung adalah kalau nama penerimanya orang yang tidak dikenal. Bisa juga status paket sudah diterima, nama penerimanya benar, tapi kita merasa belum menerima paket tersebu. Kenapa hal ini bisa terjadi?

Penjelasan
Di postingan ini saya coba memberikan penjelasan terkait masalah ini. Untuk hal ini, Anda tak perlu repot-repot menelepon ke CS J&T pusat, tak perlu buang-buang pulsa buat komplain ke J&T pusat. Jadi gini, status paket yang berubah jadi delivered (terkirim) atau sejenisnya padahal barang belum diterima itu karena kurir bikin laporan bahwa barang sudah diterima. Baik atas nama kurir itu sendiri, nama penerima paket, ataupun atas nama orang lain.

Status paket berubah jadi terkirim atau belum tergantung kurir yang mengantarkan paket tersebut. Normalnya, kurir baru bikin laporan paket sudah terkirim jika paket sudah diantarkan ke alamat tujuan. Namun, ada kalanya paket belum sempat dikirimkan, tapi kurir bikin laporan bahwa paket tersebut sudah dikirim supaya target delivery hari itu bisa terpenuhi.

Nah, paket yang belum sempat dikirimkan tersebut baru akan diantarkan hari berikutnya. Jadi, tak perlu panik jika status paket J&T delivered, tapi barang belum diterima. Tunggu hari berikutnya. Atau jika kurirnya libur, tunggu hari berikutnya lagi.

Solusi: menghubungi kurir yang bersangkutan
Lalu bagaimana jika sudah berhari-hari paket masih belum dikirimkan juga, padahal status sudah delivered? Sistem pelacakan resi di aplikasi J&T punya fitur yang bagus. Kita bisa mengetahui nomor HP yang mengantarkan paket kita. Kalau cek resi lewat web J&T kita bisa mengetahui nama kurir yang memproses paket kita, tetapi tidak bisa mengetahui nomor HP-nya.

Tapi, kalau kita cek resi J&T via aplikasi resmi J&T, kita bisa mengetahui nomor HP kurir yang memproses paket kita. Jika Anda sudah mendapatkan nomor HP kurir yang memproses paket Anda, silakan hubungi nomornya, kemudian tanyakan tentang paket Anda. Selain itu, Anda bisa datang ke J&T terdekat untuk bertanya tentang status paket Anda.

Solusi lainnya adalah dengan menghubungi CS J&T pusat. Namun, cara ini agak ribet, lebih simpel kalau menghubungi J&T terdekat. Jika Anda tidak tahu alamatnya, Anda bisa gunakan Google untuk mencari tahu alamat J&T yang terdekat dengan tempat tinggal Anda.

Demikian penjelasan tentang status paket J&T belum sampai atau belum diterima tapi statusnya sudah terkirim, delivered, atau sejenisnya.

Seharusnya jika barang memang belum dikirimkan, kurir tidak perlu bikin laporan kalau barang sudah diterima. Hal ini bisa membingungkan penerima paket. Sepertinya pihak J&T juga tidak memperbolehkan hal ini. Jika ada konsumen yang komplain, mengadukan ini ke CS J&T pusat, kurir yang bersangkutan bisa kena teguran, dan yang lebih parahnya, kurir bisa dikenai denda.

Jadi, ketimbang kena denda, lebih baik apa adanya, kalau memang belum dikirimkan, tidak perlu bikin laporan bahwa barang sudah dikirimkan. Jika penerima paket mengadukan ke J&T pusat, maka bukan salah dia.

Atau setidaknya penerima paket dikasih tahu, kan ada nomor HP nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *