free counter with statistics Pemanis alami selain gula yang bagus untuk Kesehatan - Galerity

Pemanis alami selain gula yang bagus untuk Kesehatan

Pemanis alami adalah bahan pemanis yang sumbernya dari alam seperti tanaman stevia, xylitol dan sorbitol yang diekstrak dari buah-buahan. Bahan pemanis alami selain gula dapat membantu anda tetap merasakan manis tanpa membuat gula darah naik.

Pengganti gula atau sering disebut gula rendah kalori memiliki tingkat kemanisan hingga ratusan kali dibandingkan gula pasir biasa. Karena tingkat kemanisan yang lebih tinggi, maka kita hanya perlu menggunakannya sedikit saja.

Berikut ini beberapa pengganti gula yang berasal dari bahan alami.

1. Stevia

pemanis alami stevia rebaudiana

Stevia adalah pemanis alami yang berasal dari tanaman Stevia rebaudiana. Pemanis rendah kalori ini memiliki daun manis yang digunakan sebagai pengganti gula untuk diabetes.

Stevia sangat manis tetapi rendah kalori atau bisa dibilang hampir tidak memiliki kalori. Karena itu tidak akan menyebabkan gula darah naik.

Hasil penelitian menunjukkan stevia memiliki beberapa manfaat kesehatan. Uji coba pada tikus menunjukkan bahwa stevia dapat meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi kolesterol LDL teroksidasi dan mengurangi penumpukan plak di arteri. [1]

2. Erythritol

zat pemanis alami erythritol

Erythritol adalah pemanis rendah kalori yang ditemukan secara alami pada beberapa buah dan makanan fermentasi. Pemanis alami Erythritol yang disebut juga sebagai gula alkohol memiliki nilai kalori yang sangat rendah yaitu 0,2 Kalori.

Beberapa negara seperti Amerika dan jepang membulatkan nilainya menjadi 0 Kalori.

Erythritol dapat menggantikan gula untuk diabetes karena tidak memiliki efek pada gula darah atau insulin dan kolesterol.

3. Xylitol

Xylitol pemanis rendah kalori

Xylitol adalah zat pemanis alami dengan rasa manis yang mirip dengan gula.

Pemanis alami Xylitol digunakan sebagai pengganti gula dalam produk-produk manufaktur, seperti obat-obatan atau suplemen makanan, permen, pasta gigi, permen karet.

Gula alkohol ini mengandung sekitar 2,4 kalori per gram. Atau sekitar dua pertiga dari Kalori gula biasa.

Xylitol tidak menyebabkan gigi berlubang atau kerusakan gigi. Selain itu pemanis ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang yang membantu mencegah osteoporosis. [2]

Dan sama seperti pemanis alami lainnya Xylitol tidak meningkatkan kadar gula darah atau insulin.

4. Sirup Yacon

sirup yacon pengganti gula

Sirup Yacon adalah pemanis alami yang diekstrak dari akar umbi tanaman yacón yang berasal dari pegunungan Andes di Amerika Selatan.

Konsumsi sirup ini tidak meningkatkan glukosa darah.

Hasil penelitian menunjukan konsumsi jangka panjang menghasilkan efek kesehatan penurunan berat badan, lingkar pinggang, dan indeks massa tubuh yang signifikan. [3]

Perbedaan pemanis alami dan buatan

Perbedaannya dilihat dari sumbernya dan tingkat kemanisannya. Sumber alami antara lain Stevia, Erythritol, Xylitol dan sirup yacon.

Sedangkan sumber pemanis buatan atau disebut juga pemanis sintetik antara lain aspartam, Acesulfame potassium, Sakarin, Sukralosa, neotame.

Tingkat kemanisannya berbeda dan rasanya juga sedikit berbeda. Ada yang menyisakan rasa pahit dan ada yang tidak sama sekali. Namun pada umumnya sama-sama rendah kalori.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *