free counter with statistics Pemanis buatan aspartam pengganti gula untuk diabetes - Galerity

Pemanis buatan aspartam pengganti gula untuk diabetes

Aspartam adalah pemanis sintetis dari dipeptida dua asam amino yaitu asam amino asam aspartat dan fenilalanina. Pemanis buatan aspartam memiliki tingkat kemanisan relatif tinggi dengan kemanisan 200 kali dibandingkan gula.

pemanis buatan aspartam

Meskipun aspartam lebih manis dari gula biasa, tetapi kandungan energi aspartam sangat rendah. Sehingga sering disebut gula rendah kalori. Sangat cocok untuk diet dan penderita diabetes.

Pemanis buatan aspartam telah digunakan di hampir 6.000 produk makanan dan minuman di seluruh dunia. Terutama digunakan di minuman soda dan permen.

Efek samping pemanis buatan aspartam

Aspartam telah digunakan sejak tahun 1981 pada beberapa jenis makanan.

Banyak penelitian ilmiah telah dilakukan untuk menguji keamanan aspartam.

Pada tahun 1996 FDA menyetujui penggunaan aspartam sebagai pemanis buatan yang dapat digunakan dalam semua makanan dan minuman. Aspartam telah disetujui penggunaannya di lebih dari 100 negara termasuk Indonesia.

Tidak ada efek samping pemanis buatan aspartam yang berarti. Karena aspartam telah dinyatakan aman digunakan baik untuk penderita kencing manis, wanita hamil, wanita menyusui bahkan anak-anak.

Mengenai isu yang beredar tentang bahaya aspartam

Telah beredar beberapa kali isu mengenai bahaya aspartam oleh individu yang tidak bertanggung jawab. Hingga saat ini masih dilakukan penelitian ilmiah hingga ratusan kali sejak tahun 1981. Dan sampai saat ini FDA tetap tidak mengubah pendapatnya.

Itu artinya pemanis buatan aspartam tetap aman dikonsumsi.

Bahkan BPOM sebuah lembaga pengawas makanan dari Indonesia pada tahun 2010 juga ikut mengklarifikasi atas isu yang beredar mengenai bahaya aspartam adalah hoax belaka.

Manfaat aspartam untuk pengganti gula

Sulit rasanya untuk tidak tergoda mengkonsumsi makanan manis terutama bagi penderita diabetes.

Tetapi jika ingin tetap merasakan makanan manis solusinya yaitu dengan pemanis rendah kalori. Salah satunya adalah pemanis buatan aspartam.

Aspartam merukapan solusi gula untuk diabetes. karena pengganti gula seperti aspartam tidak meningkatkan kadar gula darah.

Pemanis buatan aspartam berfungsi untuk pengganti gula Karena dapat memberikan rasa yang manis bahkan lebih manis dari gula.

Manfaat aspartam selain untuk penderita diabetes adalah aspartam tidak akan merusak gigi dan tidak meninggalkan rasa pahit sedikitpun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *