Pengertian dan fungsi karotenoid pada tubuh manusia

Ada lebih dari 700 karotenoid yang ditemukan secara alami. Manusia dapat menyerap dan membawa sekitar 25 jenis karotenoid ke dalam aliran darah. Berikut ini pengertian dan fungsi karotenoid pada tubuh manusia.

Pengertian Karotenoid

Karotenoid adalah senyawa atau pigmen organik yang memberikan warna tumbuhan terutama pada buah dan sayur. Karotenoid juga diproduksi secara alami oleh kelompok organisme seperti alga, sejumlah bakteri dan beberapa fungi.

pengertian karotenoid

Ada lebih dari 700 macam karotenoid yang secara umum dibagi menjadi dua kelompok besar yaitu xantofil (xanthophylls) dan karoten (carotenes).

Xantofil (Xanthophylls) adalah karotenoid yang mempunyai atom oksigen. Contoh karotenoid yang termasuk xantofil adalah lutein, canthaxanthin, zeaxanthin dan astaxanthin.

Karoten (Carotenes) adalah karotenoid yang tidak mempunyai atom oksigen. Contoh karotenoid yang termasuk karoten adalah alfa karoten (alpha karoten), beta karoten dan likopen (lycopene).

Fungsi Karotenoid pada tubuh manusia

Fungsi Karotenoid di tubuh manusia adalah untuk antioksidan dan provitamin A (hanya beberapa karotenoid saja).

fungsi karotenoid

Sebelumnya telah dibahas mengenai perbedaan vitamin A dengan provitamin A. Dari ratusan macam karotenoid yang ada, hanya beberapa saja yang bisa menjadi provitamin A. Contoh yang termasuk provitamin A adalah alfa karoten, beta karoten dan beta cryptoxanthin.

Sedangkan karotenoid lainnya kebanyakan bersifat non-provitamin A yang artinya tidak akan dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh.

Contoh karotenoid non-provitamin A adalah likopen (lycopene), lutein, zeaxanthin, dan astaxanthin.

Meskipun karotenoid non-provitamin A tidak menunjukkan aktivitas Vitamin A dalam tubuh, tetapi mempunyai aktivitas antioksidan yang lebih tinggi dari pada provitamin A.

Astaxanthin adalah karotenoid paling kuat dalam menangkal radikal bebas. Kemampuan antioksidannya jauh lebih kuat melebihi beta karoten, Vitamin C dan Vitamin E.

Sumber karotenoid astaxanthin dapat ditemukan pada makanan laut seperti ikan salmon, udang, lobster dan telur ikan. [1]

Manfaat Karotenoid

Ada banyak manfaat karotenoid karena aktivitas antioksidannya yang tinggi sehingga dapat melindungi sel tubuh terhadap kanker. Karotenoid juga bermanfaat melindungi organ-organ seperti rambut, kulit dan mata yang menjadi komponen melanin pigmen coklat tua.

Manfaat karotenoid selain menjadi sumber antioksidan dan provitamin A juga di manfaatkan untuk industri parfum dan wewangian.

Aroma wangi pada teh hitam, anggur, dan buah-buahan bersumber pada senyawa aromatik hasil dari degradasi karotenoid.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *