Perbedaan karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana

Perbedaan karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana serta manfaat dan kelebihan menurut masing-masing jenisnya.

Karbohidrat mempunyai peran penting dalam tubuh makhluk hidup. Karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana sama-sama bisa digunakan untuk sumber energi tubuh. Namun ada perbedaan yang bisa berdampak pada kesehatan jangka panjang. Berikut ini perbedaannya.

Perbedaan karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana

perbedaan karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana

Karbohidrat Kompleks adalah jenis karbohidrat yang mengandung banyak molekul gula yang saling mengikat. Karena ikatan molekul gula yang kompleks maka akan diurai atau dicerna dengan waktu yang lebih lama.

Karbohidrat sederhana adalah jenis karbohidrat yang mengandung satu atau dua molekul gula yang saling mengikat. Karena ikatan molekul gula yang sederhana maka bisa dicerna dengan sangat cepat.

Perbedaan dan manfaat karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana

Ada kondisi dimana tiap jenis karbohidrat bisa memberi manfaat dan kelebihan tersendiri. Karbohidrat sederhana bisa dicerna lebih cepat dibandingkan karbohidrat kompleks. Itu artinya molekul gula bisa segera masuk ke aliran darah yang kemudian digunakan oleh sel-sel tubuh sebagai sumber energi utama.

Manfaat karbohidrat sederhana dapat dirasakan langsung ketika tubuh benar-benar dalam kondisi kekurangan kadar gula darah. Contohnya dalam kondisi darurat seperti telat makan dalam jangka waktu yang lama. Dalam hal ini karbohidrat sederhana bisa lebih unggul daripada karbohidrat kompleks karena proses pemulihan tenaga bisa lebih cepat.

Dalam kondisi normal, manfaat karbohidrat kompleks jauh lebih banyak daripada karbohidrat sederhana. Karbohidrat kompleks lebih direkomendasikan untuk jangka panjang. Proses pencernaan yang lama akan membuat kadar gula darah tetap stabil. Karena molekul gula yang masuk ke aliran darah akan masuk sedikit demi sedikit.

Mengenal indeks glikemik

Indeks Glikemik adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang tersedia pada suatu pangan.

Secara umum perbedaan karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana bisa dilihat dari jenis makanannya. Tetapi jika anda ingin melihat lebih detail mengenai seberapa kompleks dan seberapa sederhana karbohidrat itu, bisa dilihat dari indeks glikemik.

Berikut ini beberapa contoh jenis makanan yang disertai dengan indeks glikemiknya. [1]

  • Wortel (±39)
  • Beras merah (±50)
  • Pisang (±51)
  • Jagung (±52)
  • Sukrosa (±65)
  • Beras putih (±73)
  • Glukosa (±100)

Itulah beberapa contoh makanan yang mengandung karbohidrat dengan indeks glikemik. Semakin rendah nilainya maka semakin kompleks molekul gulanya dan membutuhkan waktu cerna lebih lama.

Sebaliknya semakin tinggi nilai indeks glikemik maka ikatan molekul gulanya lebih sederhana dan bisa dicerna lebih cepat. Pada contoh dapat terlihat bahwa glukosa memiliki nilai indeks glikemik tertinggi yaitu 100.

Glukosa adalah wujud molekul gula yang sudah siap pakai untuk menghasilkan energi. Sehingga jika kita makan glukosa maka akan langsung masuk ke aliran darah tanpa perlu dicerna lagi seperti karbohidrat lainnya.

Perbedaan glukosa fruktosa galaktosa maltosa sukrosa laktosa

Pelajari juga macam-macam molekul gula serta pengertian istilah monosakarida, polisakarida dan oligosakarida pada karbohidrat.

Macam-macam molekul gula pada karbohidrat dan pengertiannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *