free counter with statistics Perbedaan omega 3, omega 6 dan omega 9 - Galerity

Perbedaan omega 3, omega 6 dan omega 9

Perbedaan omega 3, omega 6, omega 9, menurut sifat dan efeknya bagi tubuh kita

perbedaan omega 3 omega 6 dan omega 9
Omega 3, omega 6 dan omega 9 adalah jenis-jenis yang masih termasuk dalam golongan lemak, atau sering disebut asam lemak. Lemak adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh kita. Lemak punya banyak wujud yang secara umum dikenal sebagai lemak baik dan lemak jahat. Lemak jahat digolongkan dalam beberapa jenis. Sedangkan lemak baik juga masih dipecah-pecah lagi menjadi beberapa golongan. Omega 3, omega 6 dan omega 9 termasuk golongan lemak baik dan dibutuhkan tubuh kita, namun masing-masing punya peran fungsi yang berbeda.

Perbedaan omega 3, omega 6, dan omega 9 menurut golongannya

perbedaan omega 3, 6 dan 9

Omega 3 dan omega 6 termasuk golongan lemak tak jenuh ganda. Sedangkan omega 9 termasuk lemak tak jenuh tunggal.
Dikatakan lemak tak jenuh ganda karena omega 3 dan omega 6 dalam struktur kimianya punya ikatan rangkap lebih dari satu. Sedangkan omega 9 hanya punya satu ikatan rangkap saja, sehingga omega 9 termasuk lemak tak jenuh tunggal.

Mengenal lebih jauh perbedaan lemak jenuh, lemak tak jenuh dan lemak trans

Perbedaan omega 3, omega 6, dan omega 9 dari tingkat prioritasnya

Omega 3 dan omega 6 termasuk asam lemak esensial . Dikatakan esensial karena tubuh kita tidak bisa memproduksi sendiri, sehingga harus didapat dari makanan. Sedangkan omega 9 termasuk non esensial, yang artinya tubuh kita bisa memproduksinya sendiri.

Dalam diet sehat, ketiganya adalah penting. Tetapi jika diprioritaskan, maka yang paling penting pertama adalah omega 3. Karena sumber omega 3 tidak banyak ditemukan pada varian makanan jika dibandingkan omega 6 dan 9.

Perhatikan menu diet harian anda, apakah dalam sehari ada asupan omega 3 yang masuk ke tubuh anda ? Jika ya, apakah jenisnya ALA, EPA, atau DHA ?

Mengenal perbedaan ALA, EPA dan DHA pada omega 3

Omega 6 juga termasuk asam lemak esensial, namun sumbernya lebih mudah ditemukan pada varian makanan. Sedangkan omega 9 meskipun termasuk non esensial, pada kondisi tertentu tetap akan lebih baik jika tubuh kita mendapat asupan tambahan dari sumber makanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *