Perbedaan vitamin A dengan provitamin A

Vitamin A dan provitamin A dilihat dari nama dan struktur kimianya saja sudah berbeda. Provitamin A juga punya fungsi lain. Berikut ini perbedaan vitamin A dengan provitamin A.

Supaya mendapat pemahaman yang lebih jelas tentang perbedaan antara vitamin A dan provitamin A, kita mulai dari pengertian Vitamin A terlebih dahulu.

Vitamin A punya nama lain yaitu Retinol.

Retinol merupakan komponen penting dari rhodopsin, protein yang menyerap cahaya dalam reseptor retina.

provitamin a retina

Jadi vitamin A atau retinol punya peran penting didalam resptor retina dan bola mata anda. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan mata rabun senja atau ketidakmampuan untuk melihat dalam cahaya rendah seperti di ruangan remang-remang.

Perbedaan vitamin A dengan Provitamin A

Provitamin A adalah zat yang bisa diubah dalam tubuh manusia menjadi Vitamin A.

Yang dibutuhkan tubuh manusia adalah vitamin A, tetapi kandungan yang terdapat pada makanan pada umumnya masih berwujud provitamin A.

Contohnya saja wortel. Belum ada wujud retinol pada wortel, yang ada hanya beta karoten dan karotenoid lainnya.

Jadi sebenarnya kurang tepat kalau disebut “wortel mengandung vitamin A”. karena wortel belum ada senyawa retinolnya. Pernyataan yang lebih tepat adalah wortel mengandung provitamin A dan akan dikonversi menjadi vitamin A setelah masuk dalam tubuh.

Jenis-jenis Provitamin A : Alfa karoten, Beta Karoten, Beta Cryptoxanthin

Alfa karoten (alpha karoten), beta karoten, dan beta cryptoxanthin adalah provitamin A.

perbedaan vitamin a dengan provitamin a

Jadi sumber provitamin A berasal dari tiga senyawa tersebut yang masing-masing bisa dikonversi menjadi retinol atau vitamin A.

Biasanya dalam satu makanan bisa mempunyai lebih dari satu jenis provitamin A. Contohnya saja wortel mengandung beta karoten dan alfa karoten. Tetapi tidak mempunyai beta cryptoxanthin.

Contoh lain yaitu semangka merah mengandung beta karoten dan beta cryptoxanthin tetapi tidak mengandung alfa karoten.

Sumber Vitamin A dan Provitamin A

Jika anda ingin mencari sumber vitamin A yang wujudnya sudah berbentuk retinol. Hati ayam dan hati sapi merupakan pilihan tepat karena mengandung sumber vitamin A yang tinggi.

Jika anda ingin mencari sumber provitamin A yang wujudnya masih karotenoid, maka sumbernya bisa berasal dari buah dan sayuran. Wortel, tomat, semangka merah dan brokoli adalah sumber provitamin A.

Berikut ini perbandingan dan perbedaan sumber makanan yang mengandung vitamin A dan provitamin A.

Dari pembahasan ini seharusnya sekarang anda sudah mengerti tentang perbedaan vitamin A dengan provitamin A dengan sangat jelas.

Tetapi masih ada satu hal lagi yang harus anda ketahui mengenai provitamin A.

Provitamin A memang berasal dari karotenoid seperti alfa karoten, beta karoten dan beta cryptoxanthin. Tetapi jenis karotenoid tidak hanya 3 senyawa itu saja, melainkan ada ratusan macam.

Sumber makanan yang mengandung karotenoid mempunyai banyak manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. Fungsi karotenoid tidak hanya menjadi provitamin A saja tetapi juga bisa menjadi sumber antioksidan yang memiliki tingkat keampuhan yang berbeda-beda. Maka dari itu sebaiknya anda juga pelajari Pengertian dan fungsi karotenoid.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *