Review minyak ikan nordic naturals ultimate omega 3

Minyak ikan nordic naturals ultimate omega 3 dengan kandungan EPA dan DHA yang tinggi. Untuk nutrisi otak, kesehatan jantung, kesehatan kulit dan untuk kesehatan optimal.

minyak ikan nordic naturals omega 3

Berawal dari kesadaran penulis yang serius memperhatikan kebutuhan nutrisi tubuh. Mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, hingga mineral. Saya menyadari bahwa masih ada satu nutrisi penting yang terlewatkan yaitu Omega-3.

Jika hanya mengandalkan dari makanan sehari-hari rasanya masih sangat kurang terutama kandungan nutrisi asam lemak tak jenuh ganda omega-3. Karena itu saya memutuskan menggunakan suplemen minyak ikan sebagai solusi untuk mendapatkan kandungan nutrisi omega-3.

Pertama kali melihat harga Minyak ikan nordic naturals ultimate omega-3 tentu agak terkejut ya, karena harganya terbilang mahal. Harganya sampai satu jutaan cuma untuk satu botol kecil ! Tapi akhirnya tetap dibeli juga karena rasa penasaran.

Kualitas segel kemasan minyak ikan nordic

nordic omega 3 bagian atas kemasan

Bungkusnya standar-standar saja. Tidak memakai dus karton tetapi hanya menggunakan botol saja yang masih segel.

Segelnya terdiri 2 lapis, yang pertama dari tutup botolnya yang terbungkus dengan plastik transparan. Sedangkan yang kedua terletak di leher tutup botol yang membuat kedap udara.

Jika anda beli online sebaiknya pastikan kepada penjualnya untuk memberi pelindung tambahan agar tidak mudah pecah atau penyok selama pengiriman.

nordic omega 3 bagian bawah kemasan

Dibagian bawahnya tidak ada informasi apa-apa. Sedangkan tanggal kedaluwarsa dapat anda temukan di samping kemasan.

Umur simpan minyak ikan nordic termasuk panjang. Dihitung dari tanggal produksi sampai tanggal kedaluwarsa bisa sampai 3 tahun.

Nordic yang saya beli umurnya sudah 1 tahun lebih. Jika anda membelinya sebaiknya juga pilih yang kedaluwarsanya masih panjang, makin panjang makin bagus. Dan yang terpenting adalah masih segel.

Kesan pertama saat botol minyak ikan nordic dibuka

minyak ikan nordic aroma lemon

Pertama kali botolnya dibuka, tercium aroma lemon yang memberikan kesan unik yang membedakan dengan produk-produk minyak ikan lainnya.

Biasanya kapsul minyak ikan masih meninggalkan bau amis atau bau obat. Hal ini cukup mengganggu bagi anda yang peka terhadap bau tidak enak. Tetapi hal itu sama sekali tidak terjadi pada minyak ikan nordic.

Nordic telah melakukan inovasi yang kreatif untuk mengatasi bau tidak sedap pada minyak ikan dengan memberi aroma lemon yang segar.

Kandungan Omega-3 minyak ikan nordic naturals ultimate

kandungan omega 3 nordic naturals

Kandungan omega-3 pada minyak ikan Nordic naturals ultimate adalah 1280 mg per porsi. Satu porsi disarankan 2 softgels sekaligus oleh pihak Nordic. Kandungannya jauh lebih tinggi melebihi minyak ikan muscletech platinum fish oil yang sebelumnya pernah direview penulis juga.

Dari 1280 mg total omega-3, 650 mg nya adalah EPA dan 450 mg nya adalah DHA. Kandungan omega-3 yang diberikan nordic naturals ini sangat tinggi dan berkualitas. Jumlah ini artinya sudah mendekati kategori ideal dari dosis omega-3 per hari yang telah disarankan oleh ahli nutrisi.

Supplement facts atau informasi nilai gizi adalah bagian terpenting dari label kemasan. Kandungan Omega 3 hingga kandungan EPA dan DHA dapat kita ketahui dengan jelas pada supplement facts. Minyak ikan abal-abal biasanya tidak mencantumkan kandungan EPA dan DHA nya. Tetapi minyak ikan nordic memberikannya dengan detail dan jelas !

Tidak menyebabkan sendawa dan bau ikan di mulut

nordic naturals omega 3 fish oil terbaik

Minyak ikan yang bagus tidak akan menyebabkan sendawa atau mengeluarkan gas dari mulut. Kapsul minyak ikan nordic memiliki kualitas tinggi yang dapat membantu mencegah bau amis dan aftertaste.

Berbeda sekali dengan merk minyak ikan abal-abal yang kualitasnya sangat meragukan. Biasanya minyak ikan yang jelek akan menyebabkan sendawa dan bau tidak sedap pada mulut. Sama seperti halnya ketika anda minum soda.

Tetapi perbedaan bau gas yang berasal dari minyak ikan lebih parah dari gas yang berasal dari minuman bersoda. Karena selain baunya yang menyengat juga dapat membuat kepala anda pusing sementara.

Darimana sumber minyak ikan Nordic ?

sumber omega 3 minyak ikan nordic

Sumber minyak ikan Nordic Natural ultimate Omega-3 berasal dari ikan teri dan ikan sarden.

Ikan teri dan ikan sarden merupakan sumber omega-3 yang mengandung EPA dan DHA yang tinggi. Banyak produk suplemen lain yang juga menggunakan ikan laut ini sebagai sumber omega-3. Beberapa juga ada yang menggunakan sumber lain seperti salmon, tuna, dan mackerel.

Namun anda tidak perlu bingung dalam memilih sumber mana yang lebih baik. Karena semuanya sama-sama mengandung omega-3 yang tinggi. Yang harus lebih anda perhatikan adalah tingkat kemurniannya. Minyak ikan nordic mempunyai tingkat kemurnian yang tinggi.

Seberapa tinggi tingkat kemurnian minyak ikan nordic ?

nomor lot minyak ikan nordic

Hal yang harus anda waspadai sebelum membeli produk minyak ikan adalah tingkat kemurniannya. Apakah sudah bebas dari kontaminasi logam beracun seperti mercury ? Jika sudah dinyatakan aman dari unsur logam, berapa hasilnya ?

Minyak ikan omega 3 yang bagus mampu menjawab tingkat kemurnian produknya dengan angka yang detail !

Setiap kemasan pada minyak ikan nordic dapat ditemukan nomor lot. Terletak disebelah tanggal kedaluwarsa.

Masukan nomor lot tersebut untuk memeriksa hasil sertifikat Analisis di situs resminya disini :

Certificate of analysis Nordic

Hasilnya :

hasil sertifikat analisis minyak ikan nordic

Hasilnya bisa dilihat dengan detail mulai dari kandungan racun, logam berat hingga nilai oksidasinya sama sekali tidak melebihi batas aman.

Contoh logam berat seperti mercury dan cadmium yang sifatnya racun bagi tubuh manusia. Pada minyak ikan nordic hanya ditemukan kurang dari 0,001 ppm sedangkan batas amannya adalah 0,1 ppm.

Itu artinya minyak ikan nordic benar-benar memiliki tingkat kemurnian yang sangat tinggi.

Hasil pemakaian selama satu bulan

kapsul minyak ikan nordic omega 3

Saya menggunakan suplemen minyak ikan nordic dengan dosis sesuai anjuran yang disarankan pihak Nordic. Yaitu satu kali sehari pada siang hari setelah makan. Dan sekali makan langsung 2 softgels, sehingga total omega-3 yang didapat yaitu 1280mg.

Selain itu saya juga masih berburu omega-3 dari sumber makanan lain seperti alpukat, kuning telur, kacang merah, dll. Meskipun kebanyakan hanya mengandung ALA saja, tetapi tetap saya konsumsi untuk tambahan nutrisi.

Nordic Ultimate menyediakan 3 varian ukuran, yaitu botol isi 60 softgels, 120 softgels dan 180 softgels. Dan saya beli yang ukuran 120 softgels.

Ini adalah minyak ikan termahal yang pernah saya beli. Baru dipakai 1 bulan sudah tinggal setengah. Tetapi sebanding dengan kualitas yang didapat sangat memuaskan.

Kesimpulan

Nordic naturals menunjukan keseriusan dalam menjaga mutu dan kualitas produknya. Tidak diragukan lagi bahwa minyak ikan nordic naturals ultimate omega-3 sangat direkomendasikan untuk suplemantasi EPA dan DHA yang berkualitas.

Hampir tidak ada komplain dari produk minyak ikan ini. Mengingat tidak semua merk minyak ikan mau memberikan informasi yang detail seperti nordic naturals.

Satu-satunya kekurangan minyak ikan nordic mungkin hanya masalah harga yang terbilang mahal. Namun harga mahal itu sebanding dengan kualitas yang didapat. Tingkat kemurnian hingga kandungan EPA dan DHA nya diatas rata-rata merk lain.

Demikian review minyak ikan nordic naturals ultimate omega-3. Semoga dapat menjadi referensi yang bermanfaat bagi anda yang sedang berburu minyak ikan omega 3 yang bagus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *