Vitamin F pengertian dan fungsinya bagi tubuh manusia

Vitamin F ditemukan pada tahun 1923. Linoleic acid dan Alpha linolenic acid adalah dua senyawa yang pada awalnya diklasifikasikan sebagai vitamin F.

vitamin f pengertian dan fungsinya

Tetapi pada tahun 1929, kedua senyawa ini menurut para peneliti lebih baik diklasifikasikan sebagai lemak dari pada vitamin.

Alasannya karena nutrisi tersebut tidak sesuai dengan definisi vitamin.

Vitamin adalah molekul organik yang merupakan mikronutrien esensial yang dibutuhkan organisme dalam jumlah kecil untuk berfungsinya metabolisme dengan baik.

Sedangkan Linoleic acid dan Alpha linolenic acid dibutuhkan dalam jumlah banyak. Sehingga lebih tepat digolongkan kedalam makronutrisi yang disebut asam lemak esensial.

Dikatakan lemak esensial karena 2 senyawa ini tidak dapat disintesis oleh manusia. Jadi kita harus mendapatkannya dari makanan.

Perbedaan lemak dengan asam lemak

1. Linoleic acid

Linoleic acid adalah asam lemak tak jenuh ganda omega-6. LA tidak dapat diproduksi tubuh manusia sehingga kita harus mendapatkannya dari sumber makanan yang mengandung omega-6.

Tubuh kita memerlukan asupan omega-6 untuk mendukung metabolisme tubuh. Bentuk omega-6 selain LA (Linoleic acid) bisa diproduksi tubuh dengan cara mengkonversinya dari LA ke wujud omega-6 yang lainnya.

Jenis-jenis Omega-6 : LA, GLA, DGLA, AA, DPA (n-6)
Manfaat Omega-6 bagi kesehatan tubuh
Sumber Omega-6

2. Alpha Linolenic acid

Alpha linolenic acid adalah asam lemak tak jenuh ganda omega-3.

Omega-3 dulunya juga disebut vitamin f. Namun sekarang dikelompokan kedalam asam lemak karena termasuk makro nutrisi.

Alpha linolenic acid (ALA) termasuk keluarga omega-3 yang sifat nya murni esensial. Sedangkan EPA dan DHA adalah omega-3 yang termasuk nutrisi esensial kondisional.

Dikatakan kondisional karena EPA dan DHA sebenarnya bisa dikonversi dari ALA, tetapi karena jumlahnya yang sedikit sehingga tubuh kita tetap memerlukan makanan yang mengandung sumber omega-3 yang wujud nya sudah langsung berbentuk EPA dan DHA.

Jenis-jenis Omega-3 : ALA, SDA, ETA, EPA, DPA (n-3), DHA
Manfaat Omega-3 bagi kesehatan tubuh
Sumber Omega-3

Hal ini dapat menjelaskan bahwa kenapa sekarang vitamin f tidak atau jarang disebut. Sebab penamaan dari Vitamin A,B,C,D,E tidak ada F tetapi langsung lompat ke vitamin K. Hal itu karena vitamin f sekarang termasuk asam lemak esensial. Yaitu omega-3 dan omega-6.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *